Sambut HUT Bhayangkara Ke-74, Polres Rohul Buka Layanan SIM Simpatik, Gratiskan Biaya PNBP

Pasir Pengaraian (Rokanhulu.Com) - Dalam rangka memeriahkan peringatan Hut Bhayangkara ke 74 yang jatuh pada 1 Juli mendatang, Polres Rokan Hulu memberikan kado special kepada masyarakat di Negeri Seribu Suluk.

Terutama bagi masyarakat yang belum memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) maupun yang melakukan permohonan perpanjangan SIM di Kantor Satpas Pelayanan SIM Polres Rohul, digratiskan biaya penerimaan negara bukan pajak (PNBP), terutama bagi masyarakat yang lahir atau berulang tahun tepat 1 Juli mendatang.

Dalam artian, program Layanan SIM Simpatik yang dilaksanakan Satlantas Polres Rohul itu, bertepatan pada 1 Juli mendatang, bersamaan dengan Peringatan Hut Bhayangkara ke 74. Dimana masyarakat yang mengajukan permohonan pembuatan SIM baru dan perpanjangan tidak akan dipungut biaya PNBP.

Diketahui, sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 60 tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis PNBP menyebutkan rincian biaya pembuatan SIM. Untuk Biaya PNBP pembuatan SIM A Rp120.000, SIM C Rp100 ribu sedangkan untuk biaya SIM D Rp Rp50 ribu.

Kapolres Rokan Hulu AKBP Dasmin Ginting SIK melalui Kasat Lantas Polres Rohul AKP Andriyanto SKg SIK didampingi Baur SIM Bripka Endi Ariadi, Jum'at (26/6/2020) menjelaskan, Satlantas Polres Rohul membuka layanan SIM Simpatik khususnya kepada masyarakat yang mengajukan permohonan pembuatan SIM baru maupun perpanjangan.

Dengan menggratiskan atau tidak memungut biaya pembuatan SIM yang masuk dalam kategori PNBP. Karena untuk pembayaran biaya PNBP yang seharusnya dibebankan kepada pemohon, disponsori oleh PT BRI. 

Menurutnya, bagi masyarakat yang ingin mendapatkan  Program layanan SIM Simpatik yang dilaksabakan Satlantas Polres Rohul telah dibuka pendaftarannya 24 Juni hingga 1 Juli mendatang.

Dengan catatan pemohon yang mendapatkan Layanan SIM Simpatik, mereka harus memenuhi persyaratan dan ketentuan yang telah ditetapkan yakni Lahir Tanggal 1 Juli, Memiliki KTP-el, Memenuhi Persyaratan Usia, Surat Keterangan Sehat dan Surat Keterangan Psikologi, Lulus Uji Teori Avis dan uji praktek (pemohon SIM baru).

"Bagi masyarakat yang ingin mendaftar Program Layanan SIM Simpatik dalam rangka memeriahkan Hut Bhayangkara ke 74 tingkat Kabupaten Rohul, bisa mendatangi Kantor  Satpas SIM Satlantas Polres Rohul atau melalui pendatawan melalui WA dengan nomor 082299951278. Nantinya pada 1 Juli mendatang, di proses pembuatan SIM yang dilakukan secara serentak,’’ tuturnya. (Rhc)


Post Terkait