Puncak Peringatan HKN 2020, Sekda dan Dinkes Rohul Bagikan 60 Ribu Masker ke Masyarakat

Pasir Pengaraian (Rokanhulu.Com) - Puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) bertepatan 12 November 2020, Kamis (12/11/2020) pagi, Sekretaris Daerah (Sekda) Rokan Hulu (Rohul) bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Rokan Hulu bagi-bagi masker gratis.

Ada 60 ribu pasang masker bantuan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) berlogo Hari Kesehatan Nasional ke-56 dengan tagline #selalupakaimasker dengan tema "Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat, Jangan Kendor Disiplin Pakai Masker", yang dipusatkan di depan Kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Rokan Hulu, Jalan Diponegoro, Pasir Pangaraian.

Bhakti sosial berupa bagi masker gratis, dipimpin Sekda Rohul H Abdul Haris S.Sos, M.Si, didampingi Kepala Dinkes dr Bambang Triono, Ketua Dharma Wanita Persatuan Rohul Hj Neti Herawati S.Kep, melibatkan personel Polres Rohul, Public Safety Center (119) PMI Rohul, personel Polres Rohul, Polsek Rambah, petugas Dinkes Rohul serta Satpol PP dan Damkar.

Selain membagikan masker gratis, pegawai Dinkes Rohul juga melakukan tepuk tangan selama 56 detik. Aksi  tersebut bentuk apresiasi ke insan kesehatan yang tengah berjuang di garda terdepan dalam upaya pencegahan penyebaran corona virus atau COVID-19. 

Usai bagikan masker, Sekda Abdul Haris mengatakan, bantuan masker dari Kemenkes tersebut sebagai upaya untuk menekan angka Covid-19 khususnya di Kabupaten Rokan Hulu.

Walaupun angka pasien terkonfirmasi Covid-19 cenderung menurun, Abdul Haris tetap menekankan ke warga Rohul agar tetap taati protokol kesehatan dan mematuhi 3M, Memakai Masker, Mencuci Tangan, dan Menjaga Jarak.

Dikatakan Sekda, hingga awal November 2020, angka Covid-19 di Rohul mengalami penurunan yang cukup signifikan, dan seminggu terakhir kasus konfirmasi nol sampai dua kasus.

"Hal itu merupakan satu penurunan yang kita syukuri, walaupun sampai hari ini masih ada masyarakat kita yang masih mengikuti isolasi," terang  Sekda.

"Mudah-mudahan, semakin berkurang semua tentunya atas berkat perjuangan dan usaha bersama, baik dari rekan-rekan petugas kesehatan maupun dari masyarakat sendiri," jelas Sekda dan menekankan ke warga Rohul agar tetap menjaga disiplin, dan menjaga kebersihan lingkungan.

Sekda mengucapkan terima kasih kepada seluruh insan kesehatan yang sudah berjuang di garda terdepan, guna menanggulangi dan memberikan pelayanan untuk menyehatkan masyarakat Rohul yang terkonfirmasi Covid-19.

Sementara itu, Kepala Dinkes Rohul dr Bambang Triono mengakui 60 ribu masker dari Kemenkes tersebut akan dibagikan serentak ke warga yang tersebar di 16 Kecamatan.

"Masker yang dibagikan di Kecamatan disesuaikan dengan jumlah penduduknya, dan akan dibagikan pihak Puskesmas," ucap Bambang.

Bambang berharap, warga Rohul agar tetap disiplin dan mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah. Apalagi belakangan ini masih banyak warga tidak memakai masker saat keluar rumah.

"Sampai kini kita tidak henti-hentinya sampaikan ke masyarakat bahwa pandemi belum berakhir, dan kita selalu tetap mematuhi protokol kesehatan 3M, yaitu menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan," pesan Bambang.

"Walaupun kasus Covid-19 di Rohul sudah menurun, tapi kita harus tetap mematuhi protokol kesehatan. Pakailah masker yang memenuhi syarat kesehatan," jelas Bambang. (Rhc)


Post Terkait