KPU Rohul Gelar FGD Tahapan Pencalonan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Rohul 2020

Pasir Pengaraian (Rokanhulu.Com) – Dalam rangka mensukseskan Pilkada 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rokan Hulu telah melakukan beberapa rangkaian tahapan, seperti tahapan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) untuk pemutakhiran data pemilih yang masih berlangsung hingga 13 Agustus 2020.

Selain itu Tahapan Pencalonan, untuk menyamakan persepsi, pemahaman sekaligus Sosialisasi kepada semua Stakeholder terlibat dan berperan dalam Pilkada 2020, KPU Rohul menggelar Focus Group Discussion (FGD) Tahapan Pencalonan Pemilihakan Bupati dan Wakil Bupati Rokan Hulu, di Convention Hall Islamic Center Rohul, Rabu (5/8/2020).

Beberapa Stakeholder, instansi dan lembaga yang terlibat dan berperan dalam mensukseskan Pilkada 2020 itu seperti dihadiri, Asisten 1 Pemerintahan M. Zaki S.STP M.Si, Perwakilan Kejari Rohul, Polres Rohul, PN Pasir Pengaraian, Lapas Pasir Pengaraian, Kepala BNK Rohul AKP Masjang Efendi, Kaban Kesbangpol Rohul Musri S.Sos, Ketua IDI Rohul dr Zuldi Afki, Kadisdukcapil Rohul Saiful Bahri S.Sos, Disdikpora Rohul dan Perwakilan Pengurus Parpol peserta Pilkada 2020.

KPU Rohul dengan menghadirkan Narasumber dari KPU Riau Joni Suhaidi Divisi Teknis Penyelenggara dan Firdaus SH sebagai Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Riau. FGD Tahapan Pencalonan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Rohul itu secara resmi dibuka Ketua KPU Rohul Elfendri ST M.Eng.

Dalam FGD itu, Narasumber dari KPU Riau Joni Suhaidi Divisi Teknis Penyelenggara memaparkan, bahwa pelaksanaan Tahapan Pencalonan berdasarkan Peraturan KPU Nomor 1 Tahun 2020. Dihadapan peserta FGD, Joni Suhaidi menjelaskan tahapan dalam Pilkada 2020 seperti Tahapan Pendaftaran.

Selain itu, Syarat Pencalonan, Pendaftaran, Syarat Calon, Perpanjangan Pendaftaran, Verifikasi dan Klarifikasi, Penetapan Pasangan Calon Peserta Pemilihan, Pengundian Nomor Urut dan Penyerahan Keputusan Pemberhentian.

Kemudian, dalam tahapan Pelaksanaan dnegan menggunakan Silon (Sistem Pencalonan) dengan IT, Pengurus Parpol terkait pemberkasan dengan Silon bisa berkoordinasi dengan Operator KPU Rohul.

“Seperti Silon Soft File, berapa ukuran kapasitas filenya bisa berkoordinasi dengan Operator KPU, Hasil Uplod bisa dilihat info Pemilu, bahkan dapat diakses masyarakat Rohul bahkan se Indonesia,” ujarnya

Sementara itu, Ketua KPU Rohul Elfendri ST M.Eng kepada awak media, Rabu (5/8/2020) mengatakan kegiatan ini sengaja digelar dalam bentuk FGD daripada hanya sekedar Sosialisasi, dengan harapan FGD ini terwujud komunikasi dan diskusi untuk saling memberi masukan, mengupas semua hal yang berkaitan dengan tahapan pencalonan.

“FGD ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang sama sekaligus Sosialisasi kepada semua stakeholder yang bakal terlibat dan berperan dalam Pencalonan nantinya, sehingga kita berharap selesai acara ini kita semua sudah paham dan mengetahui tentang peran masing institusi, lembaga atau organisasi,” jelas Elfendri

“Misalnya peran Parpol itu apa, Polres perannya dimana, Kejaksaan, IDI Rohul, BNK, Disdukcapil, Disdikpora, Kesbangpol dan instansi lainnya sesuai dengan perannya masing-masing, sehingga nanti tahapan itu berjalan dengan baik dan lancar,” harap Elfendri

Elfendri berharap dari FGD ini yang ingin dicapai berharap atensi seluruh pihak untuk mengkaji se detil mungkin, sehingga dalam setiap tahapan Pencalonan Pemilihakan Bupati dan Wakil Bupati Rokan Hulu bisa terlaksana dan berjalan lancar.

Dalam FGD itu, Elfendri juga mengatakan dalam setiap pelaksanaan tahapan ini tunduk pada aturan atau Protokol pencegahan penularan Covid-19, diantaranya petugas harus menggunakan APD, Masker, Mencuci Tangan, penyediaan peralatan cuci tangan dan semua pihak harus taat dan mematuhiya.

“Kemudian dalam pelaksanaannya juga harus jaga jarak, baik dalam proses pendaftaran calon maupun proses kampanye tetap mematuhi Protokol Covid-19,” pintanya. (Rhc)


Post Terkait