Bupati H. Sukiman Tutup Kegiatan PHBI Menaming, Pemuda Diminta Bentengi Diri dengan Nilai Keagamaan

Pasir Pengaraian - Kegiatan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Pemerintah Desa Menaming, Kecamatan Rambah, Rokan Hulu (Rohul) yang menggelar kegiatan keagamaan dalam memeriahkan Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriyah, dengan melibatkan sejumlah tokoh pemuka agama dan masyarakat, Pemuda desa mendapat respon positif dari Pemkab Rohul.
 
Antusias wargapun ramai ikut hadir dalam menyemarakkan Penutupan kegiatan PHBI menambah kemeriahan acara tersebut, panitia melaknasanakan beragam jenis perlombaan selama sepekan. Pada Sabtu (8/8/2020) malam, kegiatan keagamaan yang digelar PHBI resmi ditutup Bupati Rohul H. Sukiman.
 
Penutupan kegiatan PHBI itu bertambah meriahnya ketika Bupati H. Sukiman melantunkan Shalawat dihadapan ratusan warga Menaming, warga sempat terdiam sejenaknya akhir tertarik mengikuti sholawatan bersama orang nomor satu di Rohul itu.
 
Bupati Rohul H. Sukiman dalam sambutannya menyambut positif kegiatan keagaman yang digelar PHBI dan Pemdes Menaming. Ia berharap kegiatan tersebut dilaksanakan setiap tahunnya, sebagai upaya untuk melatih dan membina generasi muda yang beriman dan bertaqwa, agar dapat bentengi anak muda dari tindakan kriminal dan kegiatan negatif.
 
“Semoga kegiatan ini akan terus terlaksana setiap tahunnya, semoga Desa Menaming ini berhasil mencetak generasi yang berpendidikan dan berkhlak mulia. Teruslah pupuk nilai keagamaan untuuk bentengi kegiatan negatif semoga ini dapat menjadi contoh bagi desa-desa yang lain,” kata Sukiman
 
Bupati Sukiman juga mengaku takjub melihat penampilan cabang Syarhil Qura’an, karena pesan yang disampaikannnya memiliki makna yang kompleks, baik dari sisi keagamaan, wawasan kebangsaan, Patriotisme dan seni membaca Alqur’an dengan tajwidnya.
 
Sementara itu, Pj Kades Menaming Elfitren S.Kom M.Ip kepada Media Center Diskominfo Rohul mengatakan, kegiatan yang ditaja oleh PHBI ini merupakan kegitan tahunan, seyogyanya momen ini setiap dilaksanakan setiap hari Raya Idul Fitri.
 
“Tapi dikarena dalam situasi Covid-19, sehingga kita ambil momen Idul Adha, tujuannya untuk membina sekaligus mengarahkan Pemuda/Pemudi kita untuk bersama mensyiarkan agama islam dan menanamkan rasa nilai-nilai wawasan keagamaan dan kebangsaan terhadap tunas bangsa anak muda di desa Menamning agar kelak dapat menjadi penerus bangsa,” harap Elfitren
 
Sekcam Rambah ini juga menyampaikan dalam materi Syarhil Quran peserta lomba ini, merupakan sebuah pesan yang mencakup wawasan kebangsaan, terkait masalah akhlak, menggali potensi-potensi Pemuda  dan remaja agar tertanam jiwa raga, rasa nilai patriotisme dan nilai keagamaan yang baik dijiwanya.
 
Ditempat yang sama, Ketua Paniti Pelaksana Almadison SH MH mengatakan pelaksanaan kegiatan PHBI ini mengamalkan nilai-nilai Islam, oleh karena itu PHBI membuat kegiatan perlombaan keagamaan, seperti MTQ, Syarhil Quran, Lomba Pidato, Cerdas Cermat dan lomba lainnya.
 
“Kami dari Panitia PHBI Idul Adha 1441 Hijriyah berterima kasih sekali acara ini dimana terselenggara dukungan masyarakar Desa Menaming dan dibantu KKN UPP, kami juga berterima kasih atas kehadiran pak Bupati Rohul, menyempatkan menutup acara ini, meski beliau banyak kesibukan,” kata Almadison
 
Dosen Faultas Hukum UPP ini berharap kegiatan keagamaan ini terus menerus menjadi agenda tahunan, karena acara ini sangat baik untuk menambahkan nilai keagamaan dan nilai sosial kemasyarakatan.
 
“Sehingga anak kita dalam keadaan Covid-19 ini mereka terkurung dirumah, sehingga dengan kegiatan ini masyarakat bisa keluar bersosialisasi dengan masyarakat lainnnya, mencari ilmu pengetahuan sehingga kita lihat perhatikan banyak talenta selama ini terpendam,” harapnya
 
Diakui Almadison, Dengan adanya kegitan ini bisa memotivasi pemuda lainnya, seperti dari Penampilan Syarhil Quran yang tampil memuakai dan mendapat aplaus dari Bupati Sukiman, sangat membanggakan warga Menaming.
 
“Sekali lagi harapan kita kedepan harus dipupuk oleh Pemerintah Daerah dan desa, supaya anak kita jika nanti kedepan berkembang bermanfaat bagi kita bersama, meski dalam suasana Covid-19, tetap patuhi protokol kesehatan,” pungkasnya. (Hen/Rhc)


Post Terkait