Bupati Sukiman Tebar 10 Ribu Benih Ikan Emas di Embung Desa Rantau Sakti

 
Tambusai Utara (Rokanhulu.Com) – Sebagai bentuk  upaya Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) dalam mendukung Program Pemerintah meningkatkan Gerakan Masyarakat Makan Ikan, Rabu (17/6/2020), Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman menebar 10 Ribu benih Ikan Mas di perairan umum atau embung milik Pemerintah Desa Rantau Sakti, Kecamatan Tambusai Utara, Rohul.
 
Dalam penebaran 10 ribu benih Ikan Mas itu, Bupati Rohul H.  Sukiman didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Rohul Barikun SP, Kadis TPH Rohul Mubrizal SP MMA, Kadis PMPTSP Rohul Gorneng S.Sos M.Si serta Kepala OPD lainnya, Camat Tambusai Utara Mastur S.Sos M.Si, Kades Rantau Sakti Purwadi ST, Sekdes Rantau Sakti Yopi Setiawan S.Sy dan masyarakat.
 
Bupati Rohul H. Sukiman mengatakan dengan telah ditebarkan sebanyak 10 ribu benih ikan, Ia meminta kepada warga untuk rutin memberi makan dan menjaga hingga waktu panen tiba.
 
Bahkan Bupati H. Sukiman mengusulkan Embung itu sebagai dijadikan sebagai Ikan Larangan, dengan dicontohkan keberhasilan Desa Sungai Salak, Kec. Rambah Samo yang sukses dalam membuat Sungai larangan yang dibuat aturan dan kesepakatan bersama sesuai dengan kearifan lokalnya.
 
“Saat ini benih ikan ini sudah ditebar, warga harus menjaga dan jangan ada yang mengambil dan dipancing, kalau ada rezekinya berlebih belikan makanannya (Pelet). Warga bisa mencontoh Desa Sungai Salak yang berhasil membuat Sungai larangan, Desa Rantau Sakti juga harus bisa, satu tahun yang datang itu sudah panen,” kata H. Sukiman
 
Lebih lanjut dikatakan Sukiman, pelepasan benih ikan ini diharapkan juga bisa membantu meningkatkan perekonomian masyarakat dan meningkatkan konsumsi masyarakat makan ikan. Selain itu juga sebagai upaya menjaga kelestarian ekosistem perairan di sungai.
 
"Tujuan dilaksanakan kegiatan penebaran benih ikan ini juga sebagai salah satu upaya meningkatkan populasi ikan di perairan umum serta dapat menjaga kelestarian sungai dan meningkatkan konsumsi masyarakat gemar makan ikan,” harapnya
 
Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Rohul Barikun SP saat dikonfirmasi Media Center Diskominfo Rohul, Rabu (17/6/2020) mengatakan sesuai dengan prosedur dan tugas Balai Benih Induk (BBI) Rohul mendistribusikan benih ikan kepada masyarakat.
 
Lanjut Barikun, benih ikan yang diproduksi BBI Rohul pada umumnya ada tiga jenis, yaitu Ikan Mas, Ikan Nila dan Ikan Lele. Karena sesuai dengan kondisi dan potensi Embung di Desa Rantau Sakti ini cocok dengan Ikan Mas, BBI Rohul memberikan bantuan benih ikan sebanyak 10 ribu ekor.
 
“Kebetulan yang potensial disini sesuai dengan kondisi embung itu karena perairan umum, kita kasih Ikan Mas sebanyak 10 ribu ekor. Kami merespon dari permohonan Kepala Desa Rantau Sakti beberapa bulan yang lalu, mudah-mudahan dengan motivasi tersebut masyarakat akan mengetahui betapa pentingnya bahwa pelestarian alam itu untuk kepentingan kita semua,” kata Barikun
 
Barikun juga berharap seluruh Desa di Rohul harus memperoleh bantuan berupa benih ikan minimal 5 ribu ekor, target tersebut sudah mencapai 120 desa yang sudah disalurkan, dengan minat masyarakat membudidaya Ikan Lele, meski BBI Rohul saat ini keterbatasan Indukan ikan,” katanya. (Rhc)


Post Terkait