Tingkatkan Kompetensi MGMP Matematika SMP, Tim Dosen UPP Gelar PKM Pemanfaatan Software Geogebra

Pasir Pengaraian (Rokanhulu.Com) – Tim dosen Universitas Pasir Pengaraian (UPP) melakukan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) di SMP Negeri 1 Rambah dengan tema “Pemanfaatan Software Geogebra pada Komunitas MGMP Matematika SMP di Kabupaten Rokan Hulu”, Rabu, (31/07/2019) lalu. 
 
Sasaran kegiatan PKM ini adalah Komunitas atau kelompok Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika SMP Wilayah I Kabupaten Rokan Hulu yang berasal dari 8 kecamatan yaitu, Kecamatan Rambah, Rambah Samo, Bangun Purba, Tambusai, Kepenuhan, Kepenuhan Hulu dan Kecamatan Bonai Darussalam. Jumlah guru yang tergabung dalam MGMP tersebut sekitar 80 orang.
 
Turut hadir dalam acara ini, Kepala SMP Negeri 1 Rambah Yelleson Suryadi, M.MPd. PKM ini merupakan salah satu kegiatan Tri Darma perguruan tinggi yang berupa Pengabdian kepada Masyarakat, dilaksanakan oleh dosen dan didanai oleh Kemenristek Dikti RI.
 
Program PKM ini dibuka langsung oleh Sekretaris Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga (Disdikpora) Kabupaten Rokan Hulu Zulkifli S.Pd M.Si. Ia mengungkapkan bahwa Pihaknya sangat mendukung terlaksananya kegiatan PKM ini. Dirinya juga mewajibkan seluruh perserta untuk hadir dalam tatap muka yang telah dijadwalkan. 
 
Sementara itu, Ketua PKM Jufri, S.Pd., M.Mat didampingi anggota Hera Deswita, M.Pd dan Annajmi, M.Pd mengaku Tujuannya digelarnya PKM tersebut untuk meningkatkan kompetensi guru matematika dalam pembelajaran menggunakan Geogebra, terutama guru-guru yang tergabung dalam MGMP Matematika SMP Wilayah I Kabupaten Rokan Hulu. 
 
"Kegiatan pendampingan ini dilakukan dengan pertumuan langsung selama Juli dan Agustus 2019, untuk selanjutnya dilakukan pendampingan secara daring (Online) melalui Media Sosial atau email," jelasnya
 
Tambahnya, Kerjasama yang dilakukan Tim PKM dan MGMP Matematika SMP Kabupaten Rokan Hulu sudah dilaksanakan sejak tahun 2018, sampai kegiatan ini terlaksana, persiapan dan penjajakan dilapangan sudah dilakukan  sejak Februari 2019. 
 
“Jadi kegiatan ini sebenarnya sudah dilakukan mulai dari persiapan sejak Februari 2019” ungkap Jufri, S.Pd., M.Mat., ketika memberikan sambutan dihadapan anggota MGMP.
 
Ditempat yang sama, Ketua MGMP Matematika Wilayah I Kab. Rokan Hulu Almi Yelli, S.Pd mengungkapkan, dirinya sangat berterima kasih dengan adanya kegiatan PKM ini. Beliau juga berharap kegiatan ini dilakukan berkelanjutan. Karena selain menambah wawasan aggota MGMP Matematika SMP, juga dapat menambah kretaifitas dan sangat membantu guru dalam menyampaikan materi geometri di kelas. (Hen/Rhc)


Post Terkait