Sosialisasi Program Indonesia Pintar, Disdikpora Rohul Harap Penerima Program KIP Tepat Sasaran

Pasir Pengaraian (Rokanhulu.Com) - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) sosialisasikan Kartu Indonesia Pintar (KIP) kepada kepala sekolah dan operator sekolah tingkat SLTP dan SD se Kabupaten Rokan Hulu, Jumat (27/12/2019), di Convention Hall Islamic Center Pasir Pengaraian. 
 
Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Disdikpora Rohul Drs H. Ibnu Ulya, M.Si dan diikuti oleh ratusan Kepala Sekolah dan tenaga operator sekolah. Dalam kesempatan itu, Ibnu Ulya menegaskan bahwa Kartu Indonesia Pintar harus terealisasi tepat sasaran. Untuk itu, pihak sekolah harus melakukan pendataan ulang terhadap penerima Kartu Indonesia Pintar. 
 
Sementara itu, Kepala Bidang Sekolah Dasar Tiarnis S.Pd mengatakan, program Kartu Indonesia Pintar merupakan salah satu upaya Pemerintah untuk membantu masyarakat kurang mampu agar dapat mengenyam pendidikan dengan layak, untuk itu penerimanya harus tepat sasaran. 
 
Program pemerintah pusat Presiden Joko Widodo ini sudah sejak lama terealisasi di Kabupaten Rokan Hulu. Hanya saja, selama ini masih ada penerima program ini yang tidak tepat sasaran yakni orang yang sudah mampu.
 
Untuk itu, dalam waktu dekat akan dilaksanakan evaluasi terhadap penerima program Kartu Indonesia Pintar dengan melibatkan kepala sekolah pemerintahan desa RT/ RW selaku penilai kelayakan. 
 
"Kedepan yang menerima program Kartu Indonesia Pintar ini hanyalah orang yang kurang mampu dibuktikan dengan surat keterangan kurang mampu dari Pemerintah desa atau kepala Desa setempat", ujar Tiarnis.
 
Lanjut Tiarnis, Program Kartu Indonesia Pintar ini direalisasikan pemerintah dalam bentuk dana yang ditransfer langsung ke rekening penerima secara bertahap 4 kali setahun, Sehingga Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Rokan Hulu dalam hal ini tidak terlibat secara realisasinya, namun hanya sebagai fasilitator. (Hen/Rhc)


Post Terkait