Rohul Raih Prestasi Lagi, Desa Aliantan Terpilih Sebagai Desa Wisata Terbaik Riau 2019

 
Pasir Pengaraian (Rokanhulu.Com) - Kabupaten  Roka  Huhul  (Rohul) kembali menerma penghargaan, setelah Desa Aliantan Kecamatan Kabun, terpilih sebagai Desa Wisata Terbaik di Provinsi Riau 2019, sehingga Desa Aliantan nantinya mewakili Riau di lomba Desa Wisata tingkat nasional.
 
Atas prestasi tersebut, Desa Aliantan kembali torehkan prestasi membanggakan bagi Pemerintah Kabupaten Rohul, setelah sebelumnya Suligi Hill 812 MDPL di Desa Aliantan masuk nominasi di Anugerah Pesona Indonesia (API) 2019.
 
Prestasi membanggakan kembali menunjukkan eksistensi Kabupaten Rohul, karena dari 12 kabupaten/ kota di Provinsi Riau, dan menjadi perhatian semua mata yang hadir di acara sempena Hari Jadi ke-62 Provinsi Riau pada Kamis malam (9/8/2019).‎
 
Diakui Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Rohul Drs. Yusmar M.Si, gelar juara pertama sebagai Desa Wisata Tingkat Provinsi Riau 2019 diterima Desa Aliantan tentunya melalui proses penilaian dilakukan Tim Juri.
 
Kemudian, selain penilaian tim juri, sambung Yusmar, juga dilakukan pengamatan panjang seluruh kabupaten/ kota. Dan berkat‎ destinasi wisata Suligi Hill 812 MDPL, Desa Aliantan mendapatkan gelar membanggakan tingkat provinsi tersebut.
 
"Sudah sepantasnya Desa Aliantan terpilih sebagai Desa Wisata terbaik. Ini semua tidak terlepas dari kerja keras Pokdarwis bersama pemerintah Desa Aliantan tentunya," jelas Yusmar, Sabtu (10/8/2019).
 
Kata Yusmar , desa wisata adalah suatu daerah tujuan wisata atau destinasi wisata yang mempunyai daya tarik wisata terintegrasi, meliputi fasilitas pariwisata, fasilitas umum, aksessibilitas, serta struktur kehidupan masyarakat yang menyatu dengan cara dan tradisi yang berlaku.
 
"Desa wisata mempunyai destinasi wisata yang didukung sarana dan pasarana, pengelola bersifat lokal, serta didukung elemen dan komponen masyarakatnya," terangnya.
 
Atas prestasi itu Desa Aliantan meraih piagam dan penghargaan serta uang pembinaan yang diserahkan langsung Gubernur Riau Drs. H. Syamsuar M.Si, kepada Kepala Desa Aliantan M. Rois Zakaria SE, di acara malam puncak Pemilihan Bujang Dara Riau 2019 di Hotel Pangaren Pekanbaru, Kamis malam.
 
"Sedangkan untuk juara kedua diraih Kabupaten Kampar dan Juara ketiga diraih Kabupaten Siak," tegasnya.
 
Yusmar bukan hanya senang dan gembira, ia juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati, Sekda, serta OPD terkait dan Dispar Provinsi Riau yang telah ikut membantu sektor pariwisata di Kabupaten Rohul selama ini.
 
Pria yang pernah menjabat Kabag Humas Setdakab Rohul ini juga berterima kasih kepada para pecinta wisata Genpi, Pokdarwis, media massa, dan Desa Aliantan khususnya.
 
"Prestasi ini merupakan buah kerjasama yang harus dipelihara dan dijaga. Kita boleh berbangga, namun perlu diikuti dengan usaha agar prestasi ini dapat dipertahankan sekaligus memacu diri untuk berbuat lebih baik lagi," pesan Yusmar.
 
Dengan terpilih sebagai juara pertama di Provinsi Riau, menurut Yusmar, tentu Desa Wisata Aliantan mewakili Riau untuk bersaing di tingkat nasional, atau tingkat yang lebih tinggi dan bergengsi lagi.‎
 
Tentunya, sambung Yusmar, memerlukan perbaikan dan peningkatan lebih baik dalam melaksanakan dan memelihara desa wisata, sebagaimana persyaratan ditentukan.‎
 
"Semoga desa-desa wisata lain akan lahir di Kabupaten Rohul untuk berkontrubusi bagi kemajuan pembangunan di Negeri Seribu Suluk ini," harap Yusmar.
 
Bupati Rokan Hulu H. Sukiman dan Sekda Kabupaten Rohul H. Abdul Haris S.Sos, M.Si, mengucapkan selamat kepada Desa Aliantan atas pertasi diterima, yakni sebagai Desa Wisata terbaik di Riau 2019.
 
Bupati Sukiman sendiri merasa gembira dan terima kasih ke semua pihak atas prestasi yang baru diraih tersebut. Menurutnya, hal itu sebagai bukti kerja dan pengakuan nyata atas usaha yang dilakukan Desa Aliantan selama ini. (Hen/Rhc)
 


Post Terkait