Resmi Ditutup Sekda, Kecamatan Kabun Raih Juara Umum MTQ Ke XIX, Rambah Hilir Juara Pawai Taaruf

Pasir Pengaraian (Rokanhulu.com) - Perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XIX Tingkat Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) 2019 resmi ditutup Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) H. Abdul Haris S.Sos, M.Si Minggu (14/4/2019) malam.

Pada penutupan MTQ Tingkat Kabupaten Rohul, dipusatkan di Astaqa MTQ Riau, lapangan Pematang Baih yang dihadiri Plt Kakanwil Kemenag Provinsi Riau Sahman, pejabat Fokompinda Rohul.

Juga hadir Perwira Penghubung Kodim 0313/KPR Kabupaten Rohul Mayor Inf Reflis Jon‎, para pejabat di lingkungan Pemkab Rohul, para Camat, kafilah dari 16 kecamatan, serta disaksikan ribuan masyarakat dari berbagai daerah.

Sesuai keputusan Dewan Hakim MTQ, Kafilah dari Kecamatan Kabun berhasil sabet juara umum MTQ XIX Tingkat Kabupaten Rohul 2019, dan berhak menerima piala bergilir.

Juara  bertahan Kafilah dari Kecamatan Rambah, harus puas di urutan kedua, disusul‎ Kafilah Ujung Batu urutan ketiga. Urutan keempat dari Kafilah Rokan IV Koto, dan juara kelima dan ke enam diraih Kafilah Kunto Darussalam dan Kafilah Rambah Samo.

Sedangkan pemenang Pawai Taaruf, juara pertama dirah Kafilah dari Kecamatan Rambah Hilir, disusul Kafilah Rambah‎ dan Ujung Batu di urutan kedua dan ketiga. Kemudian, kafilah Kecamatan Rambah Samo‎, Kafilah Bangun Purba‎, dan Kafilah Pagarantapah Darussalam‎‎ harus puas meraih juara harapan pertama, harapan kedua, dan harapan ketiga.

Dikatakan ‎Ketua Umum Panitia MTQ XIX Tingkat Kabupaten Rohul, Ir. M. Ruslan M.Si yang juga Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Setda Rohul mengatakan, bahwa pemenang dari cabang-cabang akan menjadi duta Rokan Hulu pada MTQ ke-38 Provinsi Riau di Kota Bangkinang Kabupaten Kampar, Oktober 2019 mendatang.

Kata Ruslan, dirinya berterima kasih kesemua pihak yang sudah mendukung dan mensuksskan serta memeriahkan MTQ XIX Kabupaten Rohul tahun ini, hingga berjalan sukses dan lancar sampai penutupan.

Sekda Rohul Abdul Haris mengatakan, dari pelaksanaan MTQ ada banyak hikmah bisa diambil. Selain prestasi yang telah diperoleh oleh beberapa kecamatan, banyak muncul bibit baru qori dan qoriah asal Rohul.

"Lita melihat munculnya bibit-bibit baru yang nanti tentunya untuk juara 1, 2 dan 3 akan kita coba lagi membinanya untuk nanti menjadi utusan di tingkat provinsi. Salah satu itu, ada hasil yang kita peroleh pada malam hari ini," ucap Sekda.

Kemudian, dngan dampak adanya MTQ XIX Kabupaten Rohul selama sepekan ucap Sekda, juga berdampak terhadap‎ berkembangnya perekonomian masyarakat sekitar tempat kegiatan.

"Selama delapan malam, kegiatan di sini luar biasa penuh. Ini merupakan satu rahmat juga bagi masyarakat di sekitar tempat kegiatan," ujarnya.

Melalui MTQ jelas Sekda, juga terjalin hubungan silaturahmi antara masyarakat dari 16 kecamatan‎ yang ada di Kabupaten Rohul.

"Kita harapkan, tentunya dari hasil kegiatan yang dilaksanakan selama sepekan ini, kedepannya akan muncul kesatuan persatuan asyarakat kita, terutama yang menekuni bidang Alquran ini."

"Kedepannya, akan bersama-sama memajukan cabang-cabang Tilawatil Quran yang ada untuk bisa diandalkan Kabupaten Rohul ke depan," tuturnya.

Abdul Haris juga mengaku, untuk juara 1, juara 2 dan juara 3 akan mengikuti training center. Dari TC tersebut, akan dipilih qori dan qoriah yang akan menjadi duta Rohul di MTQ Tingkat Provinsi Riau 2019 di Kota Bangkinang, Kampar pada Oktober 2019.

"Kita masih punya waktu sekitar 4 sampai 5 bulan dari sekarang, hingga Oktober pelaksanaan di Kabupaten Kampar," katanya.

Sekda juga menegaskan, bahwa saatnya Kabupaten Rohul mengulang kejayaan. Dimana pada 2013, Kafilah Rohul pernah menerima piala tetap MTQ Tingkat Provinsi Riau, setelah tiga tahun berturut-turut raih juara umum.

"Tentunya hari ini, tingkat persaingan di seluruh kabupaten juga semakin bagus, karena masing-masing kabupaten ingin maju," terangnya.

"Kita berharap setidaknya pada perhelatan MTQ tingkat provinsi kita raih dan masuk di lima besar," harao Sekda Abdul Haris.

‎Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kabun, Sofian Hadi mengaku, setelah meraih juara ke-13 pada MTQ XVIII Kabupaten Rohul 2018, pihaknya termotivasi agar lahir qori dan qoriah handal di Kecamatan Kabun.

Atas koordinasi apik dan sinergi antara KUA Kabun dengan Pemerintah Kecamatan Kabun, dilakukan pembinaan terhadap calon qori dan qoriah di desa-desa.

"Dengan sinergi bersama dan koordinasi bersama inilah hasilnya, kita mendapat peringkat yang pertama," jelas Sofian Hadi.

"Berharap ini awal yang baik untuk kami lebih giat lagi untuk melakukan pembinaan khusus tilawah dan cabang-cabang lain," ucap Sofian.

‎Camat Kabun Anang Perdana Putra S.STP juga‎ mengakui, juara umum MTQ XIX Kabupaten Rohul 2019 yang diraih berkat kerjasama baik antara Pemerintah Ke‎camatan Kabun dan KUA Kabun, dengan melakukan pembinaan qori dan qoriah dari desa.

Kata Anang lagi, ada berapa desa yang difokuskan sebagai pembinaan dan lebih diintensifkann seperti Desa Bencah Kesuma dan Desa Aliantan.

"Kita intensifkan pembinaannya di desa, setiap seminggu sekali yang latihan di desa," tegas Anang, dan dirinya berharap prestasi juara umum bisa dipertahankan Kafilah Kabun di MTQ tahun depan. (ADV/Kominfo Rokan Hulu)


Post Terkait