Rektor UPP Lantik Organisasi Mahasiswa, Achmad Ajak Mahasiswa Terapkan 4 Syarat Ini Jika Ingin Sukses

Pasir Pengaraian (Rokanhulu.com) – Rektor Univeritas Pasir Pengaraian (UPP) DR Adolf Bastian M.Pd secara resmi melantik Pengurus Organisasi Kemahasiswaan, yang terdiri dari Presiden dan Wakil Presiden Mahasiswa, DPM Fakultas, DPM Prodi, BEM Fakultas, HIMA dan UKM, yang digelar di Aula UPP,  Selasa (12/3/2019).

Selain kegiatan Pelantikan Pengurus Organisasi Kemahasiswaan, pada kegiatan itu juga digelar Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) I, yang dibuka sekaligus menjadi narasumber LDK I yakni Ketua Dewan Pembina Yayasan Pembangunan Rokan Hulu (YPRH) UPP Drs H. Achmad M.Si.

Usai menyampaikan materinya dalam LDK I, Ketua Dewan Pembina YPRH UPP Drs H. Achmad M.Si kepada wartawan, Selasa (13/3/2019) mengatakan, dirinya mengcucapkan selamat kepada Presiden dan Wakil Presiden Mahasiswa, DPM Fakultas, DPM Prodi, BEM Fakultas, HIMA dan UKM UPP yang sudah dilantik.

Untuk Sukses menjadi seorang Pemimpin, Mantan Bupati Rohul 2 Periode ini mengatakan ada 4 syarat yang harus dimiliki seorang pemimpin, Pertama mereka itu harus Amanah, Siddiq, Tabligh dan Fathonah, hal tersebut merupakan sifat-sifat Nabi, jika ingin sukses dalam memimpin apapun, harus memegang dan mengimplementasikan 4 prinsip-prinsip karakter tersebut.

“Pada LDK I tadi, kita beri motivasi kepada mahasiswa, jika ingin sukses amalkan 4 prinsip-prinsip tadi. Teori ada karena ada pemgalaman, jadi kita kombinasikan antara pengalaman dan teori, untuk mencapai keberhasilan itu bukanlah sederhana, melainkan harus bekerja keras dan semangat, tentu di bangku kuliah ini mereka harus semangat untuk menuntut ilmu,” kata Achmad

Tambah Achmad, yang harus dimiliki oleh seorang Pemimpin itu pertama harus memiliki kompetensi, kedua, punya pengalaman, ketiga, punya komitmen atau istiqomah, hari ini dirinya mencoba memberikan mahasiswa pengarahan dan motivasi, sehingga kedepannya bisa menjadi pemimpin masa depan.

“Jadi jika sudah dilantik, mereka itu sudah diberikan amanah. Amanah itu berat karena amanah itu harus sesuai perbuatan dan perkataan, yang mana yang sudah dipikulkan tidak bisa dikerjakan sendiri tapi mereka harus membangun teamwork (jaringan),

“Dunia sekarang ini tanpa adanya jaringan tidak akan bisa berkembang ya kan, jadi tadi saat itu kami memberikan saran dan motivasi kepada mahasiswa bangunlah Mitra dan bangunlah jaringan karena apapun kita tanpa jaringan tanpa kerjasama, kita tidak akan suskes,” kata Achmad

Ditempat yang sama, Rektor DR Adolf Bastian M.Pd mengatakan sekitar 2 bulan yang lalu, UPP mencontoh pemilihan di Negara Indonesia, yakni dalam pemilihan serentak pejabat eksekutif-legislatif bisa dilakukan serentak.

“Alhamdulillah hari ini di UPP bisa sukses dilaksana, kita telah melantik sekitar 70 mahasiswa, mulai dari Presiden dan Wakil Presiden Mahasiswa, DPM Fakultas, DPM Prodi, BEM Fakultas, HIMA dan UKM. Selain itu, kita juga bekali mereka dengan LDK I. Ada tiga pokok terpenting dari pelatihan Ini, pertama menyampaikan kepada mahasiswa tentang teori kepemimpinan dan motivasi, Kemudian yang kedua kita bekali dengan hukum dan sosial budaya, terakhir adalah kewirausahaan atau teknopreneur.

Lanjut Adolf, dirinya juga mengajak seluruh mahasiswa dapat mendukung program kerja Rektorat untuk menuju kampus Teknopreneur tahun 2035. Untuk menuju Kampus Teknopreneur tidaklah mudah, untuk itu diperlukan kerjasama antara Rektorat dengan mahasiswa.

"Salah satu langkah untuk menuju Kampus Teknopreneur adalah, kampus harus mampu berbenah dan sudah mereformasikan kurikulum. Kalau dulu mata kuliah kewirausahaan hanya wajib diikuti oleh Fakultas Ekonomi tapi mulai semester kemarin kita sudah menawarkan matakuliah teknopreneur,”  kata Adolf

Dengan adanya mata kuliah Teknopreneur tersebut, diharapkan Adolf, mata kuliah ini semua alumni akan berhasil mempunyai jiwa kewirausahaan yang mandiri dan juga mampu membangun sebuah bisnis setelah menyelesaikan studi di UPP ini.

“Diharapkan dengan adanya mata kuliah ini, semua alumni akan berhasil mempunyai jiwa kewirausahaan yang mandiri dan juga mampu membangun sebuah bisnis setelah menyelesaikan studi di kampus yang kita cintai ini,” harap Adolf.

Lanjut Adolf, Pada LDK I ini pihaknya menghadirkan narasumber dibidang Hukum dan Perundang-Undangan seperti Kejari dan Kapolres Rohul, Tokoh agama dari Mantan Ketua FPI Rohul Ustadz Yulihesman, Kemudian dari Perbankan dari Bank Mandiri Cabang Pasir Pengaraian serta Alumni UPP yang telah sukses dimasyarakat yakni Yusro Fadli.

“Ini merupakan bentuk tanggung jawab dalam Tri Dharma perguruan tinggi, bahwa disamping Pendidikan, Pengajaran dan Pelatihan, juga ada pengabdian pada masyarakat salah satu bentuknya adalah memberikan ruang kepada mahasiswa untuk mampu merespon dinamika perubahan di masyarakat, itu intinya,” terang Adolf. (Hen/Rhc)


Post Terkait