Rekomendasi Layanan Hemodialisa Telah Keluar, Korwil Pernefri Lakukan Visitasi Instalasi HD RSUD Rohul

Pasir Pengaraian (Rokanhulu.Com) - Perluasan pelayanan kesehatan atas inovasi yang dilakukan Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Rokan Hulu (Rohul) terhadap pasien yang harus dilakukan tindakan cuci darah atau hemodialisa (HD) akhirnya terwujud dalam bulan ini.

Hal Itu dibuktikan, dengan telah keluarnya rekomendasi Pernefri (Perhimpunan Nefrologi Indonesia) Sumatera Tengah untuk memberikan pelayanan HD. Dikeluarnya rekomendasi pengoperasian layanan HD di RSUD Rokan Hulu, setelah dilakukan Visitasi oleh Koordinator Wilayah Pernefri Sumbar Riau Kepri yang berkunjung dan melihat langsung Instalasi HD ke rumah sakit kebanggaan masyarakat di Negeri Seribu Suluk, Senin (5/8/2019).

Terlihat kedatangan Tim visitasi yang merupakan Koordinator Wilayah Pernefri Sumbar Riau Kepri dr Syaiful Azmi SpPD KGH. Finasim disambut langsung oleh Direktur RSUD Rohul dr Novil Raykel, Penanggungjawab Instalasi HD RSUD Rohul dr Epirianto SpPD dan para dokter spesialis dan dokter di ruang instalasi HD RSUD Rohul.

Sebelum Korwil Pernefri Sumbar Riau Kepri melakukan visitasi, RSUD Rokan Hulu (Rohul) telah melakukan penandatangan kesepatan MoU dengan Pernefri Sumatera Tengah di RSUP M Jamil Padang bulan lalu.

"Tindaklanjut MoU itu, Senin (5/8), Korwil Pernefri Sumbar Riau Kepri melakukan visitasi di Instalasi pelayanan HD RSUD Rohul untuk melihat kelayakan dan kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) dan operasional HD di RSUD Rohul. Alhamdulilah, instalasi HD RSUD Rohul sudah bisa melayani pasien HD, setelah diterimnya rekomendasi dari Pernefri Sumatera
Tengah,’’ ungkap Direktur RSUD Rohul dr Novil Raykel, Selasa (6/8/2019), terkait hasil visitasi Penefri terhadap Instalasi HD RSUD Rohul.

Novil menargetkan, dalam bulan ini (Agustus, red), pelayanan instalasi HD RSUD Rohul sudah bisa dioperasionalkan dan melayani pasien cuci darah. ‘’Sekarang tinggal izin operasional dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTS) Rohul. Saat ini Diskes Rohul sedang mengajukan permohonan izin operasional HD RSUD Rohul ke Dinas PMPTS Rohul. Dengan target bulan ini RSUD Rohul sudah bisa melayani pasien HD,’’ jelasnya.

Layanan HD RSUD Rohul dilengkapi 4 (empat) unit alat hemodealisis, yang dapat melayani pasien yang ingin melakukan cuci darah nantinya. ‘’Ruangan unit layanan HD telah tersedia, untuk peralatan  RSUD Rohul lakukan kerjasama dengan HD B-Braun, dalam bentuk KSO dengan penyedian 4 unit tempat tidur pencucian darah dan sarana prasana lainnya,’’ ujarnya.

Dia mengucapkan terima kasih atas kedatangan Korwil Pernefri Sumatera Tengah untuk meninjau kesiapan pelaksanaan unit pelayanan cuci darah, yang nantinya akan beroperasi. Sebab pelayanan HD ini untuk melengkapi unit-unit yang belum ada di RSUD Rohul.

Dengan telah menunjuk Kepala Unit Layanan HD RSUD Rohul dr Efrianto SpPD, seorang dokter umum dan 3 orang perawat yang sebelumnya telah ikuti pelatihan khusus tentang unit layanan HD.

‘’Dengan beroperasinya layanan instalasi HD RSUD Rohul, tentunya sangat membantu pasien atau masyarakat yang selama ini harus melakukan cuci darah, tidak perlu lagi ke Pekanbaru, tapi bisa di RSUD Rohul,’’ katanya.

Selain perluasan dan inovasi pelayanan kesehatan, RSUD Rokan Hulu tahun ini melaksanaka program Smart Hospital dalam  penggunaan informasi teknologi dalam mendukung keterbukaan informasi publik, dengan program sistim manajemen rawat inap (Simari). Sehingga sebelum pasien dirujuk atau masyarakat dapat mengetahui secara langsung ketersedian tempat tidur dan dokter spesialiasi yang bertugas setiap hari di RSUD Rohul.

‘’Target kita 2 (dua) program peningkatan Layanan di RSUD Rohul yakni unit HD dan Smart Hospital yang terintegrasi secara keseluruhan untuk pelayanan kesehatan di rumah sakit kebanggan masyarakat Rohul,’’ tutupnya. (Rhc)


Post Terkait