Rambah Utama Wakili Rohul Lomba P2WKSS tingkat Provinsi

Pasir Pengaraian (Rokanhulu.Com) - Desa Rambah Utama Kecamatan Rambah Samo, tahun ini mewakili Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) untuk mengikuti penilaian lomba Desa Binaan Program Terpadu P2WKSS (Peningkatan Peranan Wanita Keluarga Sehat Sejahtera) Tingkat Provinsi Riau.

Dengan harapan, Desa Rambah Utama dapat mempertahankan prestasi terbaik bagi Kabupaten Rohul dalam Lomba P2WKSS tingkat Provinsi Riau.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Rohul Hj Peni Herawati Sukiman kepada wartawan, Senin (9/9/2019) mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu dalam mendukung pelaksanaan program P2WKSS yang dilaksanakan setiap tahunnya.

Karena dengan berjalannya program P2WKSS di Rokan Hulu memberikan dampak positif bagi masyarakat, dalam program peningkatan peran perempuan yang menggunakan pola pendekatan lintas bidang pembangunan Serta terkoordinasi dengan upaya yang terarah untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga guna mencapai tingkat hidup yang berkualitas.

Melalui program ini, lanjutnya, dapat meningkatkan status kesehatan, pendidikan, pengetahuan dan keterampilan perempuan dalam usaha ekonomi produktif. Selain peran dan partisipasi perempuan dalam pelestarian lingkungan hidup dan peran aktif dalam pengembangan kehidupan masyarakat sehingga tercapai kesetaraan gender.

Menurutnya, pemerintah daerah bersama TP PKK Kabupaten Rokan Hulu melakukan berbagai persiapan menjelang turunya tim penilai Provinsi Riau dalam lomba P2WKSS tingkat Provinsi Riau di Desa Rambah Utama.

Sejumlah kegiatan yang dilaksanakan, lanjutnya memupuk semangat gotong royong, saling membantu dan penuh rasa kekeluargaan dan kesetiakawanan antar instansi Pemerintah Pusat, Provinsi dan kabupaten dengan masyarakat.

"Kita mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Rohul, yang sangat memperhatikan program P2WKSS, terutama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Rohul  terkait yang ikut berpartisipasi dan membantu sesuai dengan bidangnya,’’ tuturnya.

Dengan adanya kerjasama yang baik antar lintas sektoral ini, tambahnya, program P2WKSS di Kabupaten Rokan Hulu berjalan dengan baik setiap tahunnya dan memberikan banyak manfaat untuk masyarakat. ‘’Kita berharap tahun ini Rokan Hulu bisa kembali meraih juara tingkat Provinsi bahkan Nasional,’’ harapnya.

Istri orang nomor satu Rohul itu mengatakan, dengan berjalannya program terpadu P2WKSS di desa dan kecamatan di Rohul, dapat mempercepat pertumbuhan pembangunan dan meningkatkan ketrampilan kreatifitas dan kemandirian perempuan dalam melihat peluang dan menyelesaikan masalah.

Karena tujuan program Terpadu P2WKSS ini antara lain meningkatkan kualitas sikap dan perilaku perempuan dalam mengembangkan potensinya, mewujudkan rumah huni yang memenuhi standar kesehatan dan lingkungan.

Selain membina tumbuh kembang anak dan remaja dan juga menekan terjadinya pernikahan dini serta membina peningkatan ekonomi keluarga, menurunkan angka kematian ibu dan angka kematian bayi dan balita, meningkatkan derajat kesehatan dan kesejahteraan keluarga serta menjaga kondisi kualitas lingkungan hidup dan juga adanya kesamaan laki-laki dan perempuan dalam pembangunan. (Hen/Rhc)


Post Terkait