Peduli Korban Bencana, Bupati dan Ketua PMI Rohul Bantu Korban Puting Beliung di RTH

Pasir Pengaraian (Rokanhulu.Com) - Bupati Rohul H Sukiman bersama Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Hj Peni Herawati Sukiman, Senin (30/9) menyerahkan bantuan sembako, peralatan dapur, pakaian dan uang kepada salah seorang korban yang rumahnya rusak dihantam bencana angin puting beliung di Dusun Pawan Hulu Desa Rambah Tengah Hulu (RTH), Kecamatan Rambah.

Korban yang rumahnya yang terbuat dari kayu, dengan pondasi beton yang mengalami rusak berat akibat ditimpa pohon ambacang bernama Suparman. Bencana angin putting beliung yang menghantam rumah kayu milik Suparman, terjadi 8 September lalu.

Disaat itu, angin kencang yang disertai hujan deras yang terjadi di wilayah Rokan Hulu, Ahad (8/9) pukul 19.10 Wib. Sehingga mengakibat tanaman pohon ambacang yang berukuran besar dibagian belakan rumah, menimpa bangun rumah kayu itu.

Sehingga mengakibatkan atap dan kuda-kuda rumah hancur dan rusak berat. Terlihat dari pandangan arah belakang, rumah kayu itu terbelah dua ditimpa pohon.

Sebagai bentuk prihatin dan kepedulian terhadap korban yang rumahnya rusak berat di hantam bencanan angin puting beliung, Bupati Rohul H Sukiman memberikan bantuan pakaian, sembako, tikar plastik, layar plastik dan peralatan dapur untuk korban bencana Angin Puting Beliung.

Sedangkan Ketua PMI Rohul Hj Peni Herawati Sukiman menyerahkan bantuan berupa uang sebesar Rp 5 juta kepada Korban Suparman yang rumahnya rusak berat. Namun sampai saat ini, atap dan kuda-kuda rumah korban angin Puting beliung masih ditempati.

Tampak hadir mendampingi Sekretaris BPBD Rohul Afrizal, Camat Rambah H Fhatanalia Putra SSos, Sekretaris Dinas Sosial P3A Rohul Aprilyadi, Kades Rambah Tengah Hulu Addis beserta perangkat. Bupati Rohul H Sukiman kepada wartawan, Senin (30/9) petang menyebutkan, bencana alam angin putting beliung yang mengantam rumah kayu milik Suparman di Dusun Pawan Hulu tidak ada korban jiwa.

Hanya saja korban rumahnya mengalami rusak berat, akibat ditimpa pohon yang ada dibekalang rumah dengan atap dan kuda-kuda rumah hancur. Untuk itu, lanjutnya, dalam meringankan beban dari korban angin Putting Beliung, Pemkab bersama Ketua PMI Rohul memberikan bantuan berupa uang dengan total Rp13.850.000, dengan rincian Rp8.350.000 dari BPBD Rohul,

Kemudian Rp5 juta dari Ketua PMI Rohul. Selain bantuan uang, Pemkab Rohul memberikan bantuan paket sembako, peralatan sekolah, matras, peralatan mandi, makanan siap saji, tenda
dan lainnya.

‘’Bantuan yang kita salurkan kepada korban yang rumahnya rusak akibat dihantam bencana angin puting beliung, sebagai bentuk kepedulian pemerintah daerah dalam meringankan beban dari masyarakat kita yang ditimpa musibah alam,’’ ujarnya.

Sukiman mengaku, bantuan yang diberikan setidaknya dapat meringankan beban hidup terhadap korban yang rumahnya terkena musibah puting beliung. ‘’Rumahnya rusak ditimpa pohon dan sebagian atap berterbangan.

"Alhamdulilah, tidak ada korban jiwa. Tentunya kita berdoa, semoga daerah kita dan masyarakat Rohul jauh dari terkena dari bencana alam angin puting beliung,’’ katanya.

Sukiman menghimbau kepada masyarakat Rohul, agar selau waspada terhadap musibah bencana alam yang terjadi, karena dengan cuaca saat ini yang tidak menentu, kapan saja bencana alam itu bisa terjadi. Maka dari itu, marilah bersama-sama berdoa, bagaimana Kabupaten Rokan Hulu aman, kondusif dan jauh dari musibah bencana alam. (Adv/Kominfo Rohul)


Post Terkait