Meriahkan HUT Ke-20 Kabupaten Rohul, Sekda Lepas Puluhan Tim Peserta Enduro

Pasir Pengaraian (Rokanhulu.Com) – Dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Ke-20, Pemkab Rohul menggelar beberapa event tahunan, seperti Jelajah Rimba Rohul (JRR) Ke-7. Untuk tahun ini, Pemkab Rohul bekerjasama dengan Xterme Trail Adventure Rohul (Xtar) dan Ikatan Trail Adventure (ITA) Rohul menambah kelas JRR yaitu kelas Enduro.

Sebelum membuka JRR Ke-7 Kelas Enduro, Sekda Rohul H. Abdul Haris S.Sos M.Si menyempatkan meninjau race yang akan dilintasi oleh para Rider dalam kelas Enduro, yang didampingi Kajari Rokan Hulu Freddy Daniel Simandjuntak SH, M.Hum, Kalapas Kelas II B Pasir Pengaraian M. Lukman, Wakil Ketua DPRD Rokan Hulu M. Sahril Topan ST, serta sejumlah anggota DPRD Rokan Hulu seperti Budiman Lubis, Ketua Panitia Amir Luthfi, Bendahara Adi Chandra.

Selain itu juga dihadiri Kasat Binmas Polres Rokan Hulu AKP Hermawan, Kapolsek Tandun AKP Sinaga, Kepala Disparbud Rokan Hulu Drs. Yusmar M.Si, Kadishub Rohul Sufwan, Kepala Dinas LH Rohul Hen Irfan, serta sejumlah Kepala Dinas dan Badan di lingkungan Pemkab Rokan Hulu.

Mewakili Bupati Rokan Hulu H. Sukiman, pada Sabtu (5/10/2019), Sekda Rokan Hulu H. Abdul Haris S.Sos, M.Si secara resmi membuka dan melepas peserta JRR ke-7 Kelas Enduro. Sekda Rohul Abdul Haris mengatakan ada yang beda di JRR ke-7 dari even-even sebelumnya, sebab di JRR tahun ini dibuka untuk Enduro yang diadakan di kawasan obyek wisata Danau Sipogas‎, Desa Sialang Jaya, Kecamatan Rambah.

Enduro yang diadakan di satu lokasi, diakui Sekda, bisa disaksikan oleh masyarakat Rokan Hulu, dan berbeda dengan Trabas yang lebih mengarah ke jenis petualangan.

"Kalau Trabas, karena rutenya panjang masyarakat tidak bisa mengikuti keseluruhan. Enduro sengaja digelar di Danau Sipogas untuk menguji skill sekaligus bagaimana rider diberikan medan berat dan menghibur," kata Sekda

Sekda berharap masyarakat memanfaatkan baik even JRR ke-7, baik dari sisi silaturahmi serta memperkuat rasa persatuan dan kesatuan diantara masyarakat Kabupaten Rokan Hulu, dan melihat peluang-peluang ekonomi, apalagi peserta yang datang bukan dari Riau saja, namun ada yang dari luar Provinsi Riau.

"Diharapkan terjadi komunikasi timbal balik untuk memberikan nilai ekonomis yang juga bisa dijadikan sumber pendapatan masyarakat, karena peserta JRR Ke-7 ini diikuti berbagai Provinsi dan Kabupaten/Kota," katanya

Sementara itu, Kepala Disparbud Rokan Hulu Drs. Yusmar M.Si mengatakan tujuan digelarnya JRR ini untuk menyalurkan minat bakat dan hobi sebagai remaja dan para Rider yang hobi dengan tantangan, setiap peserta tentunya memiliki kesan terait uji nyali dan keterampilan dari rider-rider tidak hanya dilingkup Rohul, tapi pulau Sumatera, Jawa dan Kalimantan.

“Kita juga membuat pesan, agar orang tau wilayah Rohul itu seperti apa, jangan memandang bahwa Rohul itu penuh dengan Hutan, tapi ternyata hutan itu bersahabat penuh denga tantangan dan kenangan,” kata Yusmar

Tambah Yusmar, Tujuan digelarnya JRR Ke-7 ini juga sebagai ajang Promosi objek wisata, karena setiap race yang dilintasi oelh para Rider melewati beberapa Destinasi Wisata Rohul, Seperti Objek Wisata Danau Sipogas, Hapanasan dan Lainnya.

“Jadi dari kegiatan ini Pempkab sifatnya hanya mensupport, jadi untuk pegembangannya disilahkan oleh kelompok dan komunitas yang ada, kita perkirakan lebih 500 rider yang sudah mendaftar, maka peredaran uang selama 2 hari kegiatan JRR tidak kurang dari 3 Milyar, jadi silahkan masyarakat mengambil kesempatan uang yang beredar tersebut, baik melalui perdagangan, jasa transport dan lainnya,” tambah Yusmar  

Sementara itu, Ketua Panitia Amir Luthfi, mengatakan JRR ‎ke-7 tahun 2019 diikuti lebih dari 600 peserta dari berbagai kabupaten/ kota yang ada di Provinsi Riau. Selain itu, ada juga peserta dari Sumatera Utara, Sumatera Barat, dan provinsi lain.

Amir mengatakan, Untuk peserta Trabas Adventure sendiri sampai Sabtu siang, jumlah peserta yang telah terdaftar ada sekitar 620 orang.‎ Amir‎ memperkirakan jumlah peserta akan terus bertambah di hari H, karena biasanya peserta dari luar daerah baru mendaftar setibanya di Rokan Hulu.

Amir mengharapkan JRR ke-7 tahun 2019 yang dilaksanakan selama dua hari ini berjalan dengan lancar, dan para peserta berhati-hati dalam memacu jalur, baik untuk Enduro dan Trabas Adventure. Ia menambahkan untuk JRR ke-7 nanti Panitia menyiapkan hadiah untuk khusus untuk Tanjakan Forkompinda dan DPRD Rohul. (Rhc)


Post Terkait