Lukman Edi Optimis Program Rp. 1 Miliar Perdesa Dapat Tekan Angka Kemiskinan di Riau. Berikut Alasanya.

 

PASIRPENGARAIAN- Calon Gubernur Riau Nomor Urut dua (2) Lukman Edi optimistis,  program 1 miliar perdesa yang dicanangkannya mampu menekan  angka kemiskinan di Provinsi Riau yang saat ini tergolong cukup tinggi. optimisme tersebut disampaikan Lukman Edi saat melakukan kampanye dialogis bersama Ratusan  masyarakat Bangun Jaya, kecamatan Tambusai Utara, Kabupaten Rokan Hulu, Ahad (18/3/2018).

 

Menurut Lukman Edi, bedasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah penduduk miskin di Provinsi Riau, hingga tahun 2017 mencapai 496.390 jiwa atau 7,4 persen.  sebagian besar masyarakat miskin tersebut berada di pedesaan.

 

“karena sebagian kemiskinan itu adanya di pedesaan, maka subsidi 1 miliar perdesa yang akan kita berikan sangat efktif untuk mengurangi angka kemiskinan di riau, serta memperkecil kesejngan generasio antara pedesaan dan perkotaan” Kata LE dalam Kegiatan tersebut.

 

 

Lukman Edi Mengatakan, berbeda dari Dana Desa dari APBN yang diperuntukan untuk infrastrukur desa, atau Alokasi Dana Desa APBD Kabupaten Rohul, yang diperuntukan untuk Ekonomi Kemasyarakatan. Program dana Rp 1 miliar perdesa yang akan dikucurkanya Kelak, bisa diperuntukan untuk kegiatan sosial kemasyarakatan. Seperti  kegiatan keagamaan, menggaji imam masjid dan pengruus,  Menggaji guru ngaji, serta revonasi rumah ibadah.   

 

“ kita sudah hitung, untuk kegiatan tersebut paling banyak membtuhkan anggaran 250 juta perdesa pertahun”

 

“ sisanya sekitar 750 juta lagi, bisa dipergunakan untuk kegiatan kepemudaan seperti kegiatan olahraga,  seni budaya kegiatan ibu-ibu,   ‌bantuan bea siswa bagi anak-anak miskin,dan membayar iuran BPJS  Kesehatan untuk orang miskin” Jelas Mantan Anggota DPR-RI itu.

 

Mantan  Menteri Percepatan Daerah Tertinggal pada Kabinet Indonesia Bersatu itu menargetkan. melalui program 1 miliar perdesa ini mampu menekan 50 persen angka kemiskinan di Provinsi Riau dalam waktu 2 sampai 3 tahun.

 

 “target kita, separuh kemiskinan di riau ini akan kita tekan dalam 2 tahun atau 3 tahun “ ucapnya Optimis.

 

 

Untuk menegaskan Komitmenya menjalankan Program 1 Miliar Perdesa ini, dalam Kampanye Dialogis tersebut, Lukman Edi juga menandatangani kontrak politik dengan masyarakat desa bangun jaya.  Dimana, dalam kontrak politik tersebut,  pasangan yang mengusung jargon “Riau Bangkit” ini, siap mundur dari jabatanya kelak, jika tidak merealisasikan program 1 miliar perdesa dalam tempo 2 tahun.

 

“kalau ada kontrak plitik ini, insya allah kami akan komitmen, saya yakin bapak LE  bisa menepati janjinya” ungkap ondang surpiadi tokoh masyarakat mekar jaya, yang ikut mendantangani kontrak politik dengan Lukman Edi.

 

Selain dihadiri ratusan masyarakat kecamatan Tambusai Utara, dalam kampanye dialogis tersebut, turut hadir mantan Wakil Bupati Rohul Ir. H. Hafith Syukri MM, Ketua DPC Gerindra Rohul Syamsul Akmal, Ketua DPC PKB Rohul Thamrin Nasution, dan Ketua tim Koalisi Riau Bangkit Rohul Novliwanda Ade Putra. (Ar)

 


Post Terkait