Ketua PWI Rohul Nilai Pelaksanaan Pemilu Di Rohul Tersukses Sepanjang Sejarah

PASIRPENGERAIAN- Pelaksanaan Pemilu 2019 di Rokan Hulu, Sudah Usai dilaksanakan Hingga Tingkat Rekapitalusi Suara Tingkat Kabupaten. Pelaksanaan Pemilu 2019 yang baru pertama kali menggabungkan 5 Pemilu secara bersamaan ini, berlangsung Aman Tertib, Kondusif Serta transparan.

Lancarnya Pelaksanaan Pemilu di Kabupaten Rokan Hulu ini, mendapat banyak Apresiasi dari berbagai Tokoh masyarakat Rohul, termasuk Ketua Persatuan Wartawan Indonesia  (PWI), Kabupaten Rokan Hulu.

"Terimakasih kepada segenap pelaksana Pemilu 2019, Pilpres dan Pileg itu mulai dari KPU hingga KPPS, Bawaslu dan jajaran, sehingga pemilu di Kabupaten Rohul berjalan dengan Jujur, Transparan, Adil dan Demokratis," kata Ketua PWI Kabupaten Rokan Hulu  Engki Prima Putra ST. kepada Wartawan, Rabu (8/5/2019).

Selain Kepada penyelenggara Pemilu, Ketua PWI Rohul juga memberikan Apresiasi Terhadap aparat keamanan khusunya, Polri dan TNI yang dengan penuh dedikasi turut mengawal dan  mengamankan Pelaksanaan Pemilu, Sehingga berlangsung aman, Lancar dan Kondusif.

Menurut Penilaiannya, Pelaksanaan Pemilu 2019 di kabupaten Rokan Hulu,  merupakan Pemilu  tersukses dalam sejarah penyelenggaraan Pemilu di negeri Seribu Suluk.

" Saya lihat inilah Pemilu  tersukses dalam sejarah Perpolitikan di Rohul. kita lihat, pada pemilu sebelumnya, pasti ada saja masalah yang muncul pada pemilu  seperti adanya Kecurangan atau  Pemungutan suara Ulang (PSU). Alhamdulillah pada Pemilu 2019 ini, itu tidak ada terjadi di Rohul." Ucapnya.

Dalam pengamatannya, selama proses pelaksanaan pemilu berlangsung hingga proses Rekapitulasi Suara Pemilu di tingkat Kabupaten,  minim terjadi  riak-riak kekecewaan dari Peserta Pemilu baik dari Saksi Capres-Cawapres atau Peserta Pemilu yang berpotensi menyebabkan terjadinya gangguan Kambitnas.

Hal ini menunjukkan sudah mulai tumbuhnya kesadaran masyarakat Rohul dalam menyikapi dinamika  politik secara sehat dan lebih memilih  menyelesaikan masalah pemilu secara Konstitusional.

Selain itu, tumbuhnya kesadaran masyarakat dalam berpolitik di Rohul ini juga di tunjukkan dari tingginya antusias masyarakat dalam menyalurkan hak pilihnya serta mengawal hingga proses Rekapitulasi suara mulai dari kecamatan hingga tingkat kabupaten. 

" kemarin memang ada persoalan dugaan Pengelembungan suara di Tambusai Utara, tapi saya apresiasi peserta mengambil langkah sesuai prosedur, mengajukan Protes ke Bawaslu dan pada akhirnya permasalahan itu Cepat bisa diselesaikan KPU secara Profesional dengan membuka Kotak Suara dan Melihat kembali C1 Plano, Sehingga Peserta terpuaskan dan mengeliminir adanya dugaan Kecurangan" Cakapnya.

Engki berharap, situasi Pemilu 2019 dapat terus terpelihara dan terjaga hingga Rekapitulasi Suara Secara nasional dan Penetapan Capres cawapres dan Legislatif  terpilih. Apalagi, Pasca Pemilu 2019 Selesai, Rokan Hulu juga akan masuk Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

" Saya yakin dan percaya masyarakat Rohul adalah masyarakat yang cerdas dalam berpolitik. Mereka tidak akan terpengaruh dengan isu-isu yang dapat memecah belah persatuan, kekecewan itu pasti ada, tapi saya yakin kekecewaan itu tidak akan di tumpahkan dalam tindakan-tindakan yang justru melawan hukum." pungkasnya. (RHC)


Post Terkait