Kerja Sama Dengan ISDC dan RSDC, Satlantas Polres Rohul Gelar Sosialisasi Tertib Berlalu Lintas Kepada Ratusan Milenial

Rambah Samo (Rokanhulu.com) – Untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang aturan dan tertib berlalu lintas pada Generasi Milenial, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Rohul bekerjasama dengan team Instruktur Riau Safety Driving Centre (RSDC) Pekanbaru menggelar Sosialisasi tertib berlalu lintas dan Program " ISDC " Zero Accident Road Safety Go To School.

Kegiatan Sosialisasi itu dipusatkan di SMA Negeri 1 Rambah Samo, Kecamatan Rambah Samo, Kab. Rokan Hulu, dengan sasaran untuk mensosialisasikan keselamatan tertib berlalu lintas kepada  para Pelajar dan Majelis Guru, Senin (11/3/2019) yang dimulai sekira Pukul 08.00 Wib.

Dalam Sosialisasi itu dipimpin langsung Kasat Lantas Polres Rohul AKP Irnanda Oktora SIK M.Ik dan dihadiri juga Kanit Laka Sat Lantas Polres Rohul IPDA Efendi Lupino, Kanit Dikyasa IPDA H. Sitorus SH, Bripka Jonnes SH dan Briptu Makmur serta team Instruktur RSDC Pekanbaru Agung Satrio Waryan, Alfitra Pratama dan Anggi Budijana, Kepala Sekolah SMAN 1 Rambah Samo Drs Paino M.Pd dan Seluruh guru dan siswa/i SMAN 1 Rambah samo lebih kurang 150 orang.

Kapolres Rohul AKBP M. Hasyim Risahondua SIK M.Si melalui Kasat Lantas Polres Rohul AKP Irnanda Oktora SIK M.Ik kepada wartawan, Rabu (13/3/2019) mengatakan, tujuan dari Sosialisasi Tertib Berlalu Lintas kepada generasi Milenial di di SMA Negeri 1 Rambah Samo ini merupakan implementasi dan mensosialisasikan UU No 22 thn 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

“Jadi dihadapan ratusan pelajar ini, kita mensosialisasikan tertib berlalu lintas sesuai dengan aturan yang berlau, seperti tata cara berkendaraan, mematuhi Rambu-rambu lalulintas, kelengkapan surat kendaraan, penggunaan Helm bagi pengendara maupun penumpang kendaraan Roda Dua dikalangan pelajar, Penumpang kendaraan tidak boleh lebih dari satu orang, kondisi fisik kendaraan roda dua apa layak bisa digunakan,” kata Kasatlantas

Lanjut Kasatlantas, salah satu seringnya terjadi lakalantas dijalan raya disebabkan menggunakan HP saat berkendara, Untuk itu dirinya berharap kepada pelajar tidak menggunakan Handphone pada saat berkendara agar fokus dalam berkendaraan di jalan.

“Selain itu, jika adek-adek membantu atau memberikan pertolongan pertama apabila menemukan korban laka lantas di jalan raya untuk melaporkannya di Kantor Polisi yang terdekat serta bersedia memberikan keterangan yang dilihat di TKP kepada Polisi dalam upaya menuju Zero Accident terhadap pelajar.” Terangnya

Sementara itu, Team Instruktur RSDC Pekanbaru menyampaikan kepada pelajar bahwa ada tiga type helm yakni, Helm Half Face, Full Face dan Modular dan masa pemakaian helm berstandar SNI selama 3 ( tiga ) tahun, Selain itu Team Instruktur RSDC Pekanbaru menyampaikan kepada Pelajar agar Patuh dan mematuhi peraturan serta rambu - rambu lintas di jalan raya.

Terpantau juga dilapangan, Team Instruktur RSDC Pekanbaru juga mempraktekkan cara memakai Helm yang benar, yang dipraktekkan langsung oleh Bripka Jonnes SH yang merupakan Polisi terbaik dan teladan ini yang pernah dihadiahkan Umroh oleh Kapolres Rohul beberapa bulan yang lalu, melakukannnya degan baik dihadapan ratusan pelajar.

“Kemudian Team Instruktur RSDC Pekanbaru memberikan contoh secara langsung dengan mempraktekan kepada pelajar tata cara menggunakan helm yang baik dan benar serta pelaksanaan Safety Riding kepada Siswa - Siswi SMA Negeri 1 rambah samo di lapangan sekolah SMA 1 rambah Samo kab Rokan Hulu.

Pada kesempatan itu juga, Sat Lantas Polres Rohul juga memberikan  Pengenalan Rambu - Rambu Lalu Lintas, baik itu rambu-rambu Peringatan, Larangan dan Petunjuk, serta Menghimbau kepada Pelajar Serta Guru di Sekolah SMA N 1 Rambah Samo agar selalu mematuhi peraturan berlalu lintas di jalan demi keselamatan bersama.

Untuk diketahui, Kegiatan kerja sama antara ISDC Pekanbaru dan Sat Lantas Polres Rohul melaksanakan pelatihan dan edukasi keselamatan berkendara dan berlalu lintas menuju zero Accident go to School dilaksanakan selama 1 Bulan pada bulan Maret 2019 ini di setiap sekolah tingkat SMA sederjat dan SMP sederjat se Kabupaten Rokan hulu dan Team Instruktur RSDC Pekanbaru dan Sat Lantas Polres Rohul pada hari ini Selasa  12 maret 2019 berada SMA N 3 kec Tambusai Utara. (Hen/Rhc)


Post Terkait