Hadiri Haul Allah Yarham Syekh Maksum Tambusai Ke 57, Bupati Sukiman Ajak Masyarakat Teladani Ajaran Syekh Maksum Tambusai

Tambusai (Rokanhulu.com) – Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman menghadiri Haul Allah Yarham Syekh Ma'sum Tambusai Ke 57. Momentum kegiatan tahunan ini diharapnya masyarakat dan generasi muda meneladani ajaran Tuan Guru Syekh Ma’sum Tambusai dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan itu dipusatkan di Surau Suluk Kuala Tambusai, didusun Kuala Tambusai Desa Sungai Kumango, Kecamatan Tambusai, Rohul, Kamis (23/8/2018).

Dalam acara itu turut juga dihadiri Pimpinan Yayasan Syekh Abdul Wahab Rokan Tuan Guru Syekh H Ismail Royan, Ketua Pembina Suluk Rohul Drs H. Achmad M.Si, Ketua Tareqat Naqsabandiyah Rohul Ade Hudayana, Rektor UPP Dr Adolf Bastian M.Pd, Direktur CV Azis Perkasa yang juga Tokoh Pemuda Tambusai Nirwanto SPd.i, Anggota DPRD Rohul Syahril Topan, Wahyuni, Camat dan Kapolsek Tambusai, Kepala Desa Sungai Kumango Ali Usin Hasibuan, Tokoh Masyarakat Tambusai dan  ribuan jamaah Naqsabandiyah perwakilan dari 16 kecamatan se-Rokan Hulu.

Pada kesempatan itu, Ketua Panitia yang juga Kepala Desa Sungai Kumango Ali Husin Hasibuan mengatakan peringatan Haul Allah Yarham Syekh Ma'sum Tambusai Ke 57 ini merupakan kegiatan yang digelar setiap tahunnya sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan kepada Tuan Guru Syekh Ma’sum dalam menyebar dan mengembangkan suluk.

“Peringatan Haul Allah Yarham Syekh Ma'sum Tambusai Ke 57 ini adalah sebagai Do'a yang kita panjatkan kepada Allah SWT, agar kita sebagai generasi penerus perjuangannya selalu istiqomah dalam melaksanakan perintah_Nya,” kata Ali Husin

Sementara itu, Pembina Surau Suluk Kabupaten Rokan Hulu Drs H. Ahmad M.Si dalam sambutannya menyampaikan Haul Allah Yarham Syekh Ma'sum Tambusai Ke 57 ini merupakan peringatan bagi para pejuang Agama yang berguna untuk generasi muda, agar senantiasa mengenag dan mengamalkan amalan-amalan Tuan Guru Syekh Ma’sum.

“Peringatan Haul Allah Yarham Syekh Ma'sum Tambusai Ke 57 ini sebagai mengenang amalan beliau. Kita juga berterima kasih kepada Bapak Bupati Rokan Hulu yang telah mengembalikan nama Negeri ini dengan julukan Negeri Seribu Suluk,” kata Mantan Bupati Rohul 2 Periode itu.

Kemudian, Pimpinan Yayasan Syekh Abdul Wahab Rokan yang juga perwakilan Surau Suluk Basilam Langkat Tuan Guru Syekh H Ismail Royan mengajak masyarakat untuk memperkenalkan anaknya dengan Tareqat Naqsabandiyah.  

“Mengutip pesan Syekh Abdul Wahab Rokan, jika anak kita sudah Aqil Baligh perkenalkan Dia dengan Tariqat Naqsabandiyah agar anak ingat dengan tujuan hidupnya,” pesan Ismail Royan singkat

Sementara itu, Bupati Rokan Hulu H. Sukiman dalam sambutannya mengatakan kegiatan Haul ini merupakan sebagai peringatan untuk mengenang jasa-jasa Syekh Ma'sum Tambusai yang telah meninggal dan membacakan doa untuknya. Dirinya berharap generasi muda sebagai sebagai penerusnya agar dapat mengamalkan ajarannya untuk mendekatkan kepada sang khalik.

“Peringatan Haul Allah Yarham Syekh Ma'sum Tambusai Ke 57 ini merupakan sebagai bentuk kecintaan, penghormatan kita kepada sang Tuan Guru, kegiatan ini perlu kita pertahankan sebagai upaya untuk meneladani Syekh Ma’sum dalam praktik kehidupan dengan selalu berdzikir kepadanya dan menjadikan Allah SWT sebagai tujuan dan sandaran dalam melakukan segala bentuk aktifitas kehidupan, agar dapat dicontoh dan ditiru oleh generasi muda kita, ” harap Sukiman

Mantan Dandim Inhil ini mengatakan tujuan Peringatan Haul Allah Yarham Syekh Ma'sum Tambusai Ke 57 ini adalah mengambil pelajaran dan meneladani kehidupan dan ajaran Tuan Guru Syekh Ma’sum. 

Karena, lanjut Sukiman, kegiatan yang mulia ini merupakan sebuah amal yang baik yang bernilai pahala. Pasalnya, amalan-amalan sunnah seperti membaca Al Qur’an, bersholawat dan ceramah agama yang isinya adalah mengajak umat Islam lebih mendekatkan diri kepada Allah dan menjahui larangan Allah dengan meneladani tingkah laku Tuan Guru Syekh Ma’sum. (Hen/Rhc)


Post Terkait