Hadiri Acara Silaturahmi Kades Se Rohul di Aliantan,‎ Bupati Sukiman Ajak Kades Bersinergi Bangun Desa

 
Kabun (Rokanhulu.Com) - Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) berharap kepada Kepala Desa untuk saling bersinergi dan jallin kebersamaan dalam membangun Desa. Dana Desa yang dikucurkan oleh Pemerintah agar bisa digunakan untuk kesejahteraan masyarakat.
 
Pernyataan itu dikatakan Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman saat menghadiri acara Silaturahmi Kepala Desa (Kades) Se Kabupaten Rohul, yang di pusatkan di Desa Aliantan, Kecamatan Kabun, Rohul, Rabu (17/7/2019). 
 
Dalam acara tersebut, Bupati Rohul H. Sukiman, mengaku tidak akan bosan bosannya menyampaikan agar pembangunan di desa berjalan lancar, mengingatkan kepada seluruh Kades di Rohul untuk mengunakan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) dengan baik. 
 
Ia menambahkan, himbauan ini dilakukannya, mengingat besarnya kucuran DD yang bersumber dari APBN dan ADD setiap tahunnya kepada pemerintah desa (Pemdes) di Kabupaten Rohul.
 
Dirinya meminta kepada seluruh Kades, agar dapat memanfaatkan ADD dan DD sebaik baiknya dan bersinergi untuk kemajuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat desa. Dengan mengacu kepada aturan perundang-undangan yang berlaku.
 
"Pembangunan yang direncanakan harus mengutamakan kepentingan masyarakat, jangan kepentingan pribadi. Sehingga pembangunan di desa bisa benar-benar dirasakan oleh masyarakat," katanya. 
 
‎Sukiman  meminta kepada semua pihak khususnya Camat ‎se Rohul, untuk dapat mengawasi dan memberikan bimbingan kepada kepala desa se Rohul terhadap penggunaan dan pengelolaan keuangan desa.
 
Tak hanya Camat, menurutnya, seluruh elemen masyarakat, baik aparat ‎Polri dan TNI dapat mengawasi penggunaan DD dan ADD yang dikucurkan pemerintah kepada desa, agar tepat sasaran dan sesuai dengan peruntukan. Karena dana desa itu milik rakyat dan harus dipertanggungjawabkan dengan baik.
 
Diakuinya, dana desa tersebut digunakan untuk membiayai ‎penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat.
 
"Kita harapkan dalam pemanfaatan dana desa harus mengacu aturan perundang undangan yang berlaku. Perlu partisipasi peran serta masyarakat untuk bersama sama mengawasi penggunaan DD dan ADD didaerahnya," imbuhnya. 
 
Ia  berharap, Pemerintah desa dapat bersama-sama dengan perangkatnya dan masyarakat untuk merumuskan program pembangunan yang bersumber dari DD dan ADD yang dikucurkan pemerintah.
 
"Kita berharap program pembangunan yang direncanakan desa itu, benar-benar diprioritaskan untuk kepentingan masyarakat banyak dan untuk kemajuan desa itu sendiri," imbuhnya.
 
Terkait acara Silaturahmi Kades Se Rohul ini, Bupati Sukiman mengapresiasi inisiatif dari Kades Aliantan M. Rois Zakaria SE dan Camat Kabun yang telah membuat kegiatan yang dinilai dapat menyatukan persepsi dengan Kades se Rohul untuk melanjutkan Pembangunan di Negeri Seribu Suluk.
 
Sementara, Kades Aliantan M. Rois Zakaria SE kepada wartawan, mangatakan tujuan dilaksanakannya ‎acara tersebut untuk menjalin kekompakan dan keakraban antar Kades sehingga bisa memajukan Rohul ke depannya.
 
Ia mengharapkan Bupati  agar memperhatikan pembangunan di Desa Aliantan ini terutama Drainase di depan balai Kerapatan adat desa Aliantan karena jika hujan deras bisa mengakibatkan banjir.
 
"Rencananya kami juga mengajak Sekda langsung turun ke lapangan lokasi sekaligus melihat keadaan Darus Sholihin Desa Aliantan. Dari kegiatan-kegiatan Paud Permata Bunda diberikan bantuan APE dan TK Al Ihsan juga roti dan susu kepada anak PAUD sehingga generasi ke depan Harapan Kita dapat menjadi generasi yang pintar berguna bagi bangsa agama dan negara," harap Aliantan
 
Dimomen kegiatan Silaturrahmi itu, Rois juga mensosialisasikan Suligi Hill yang saat masuk dapat Angugerah API 2019. Masih tertahan di Posisi ke 3, Kades Rois berharap kepada Bupati, Kepala Desa dam seluruh masyarakat Rohul untuk mendukung Suligi Hill dalam ajang API 2019. (Hen/Rhc)


Post Terkait