Hadir di MPTB BUMDesa Amanah, Warga Tambusai Timur Minta ke Bupati Dibangunkan Puskesmas dan Jalan

Tambusai (Rokanhulu.Com) – Tujuan didirikannya Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) disetiap Desa di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) tentunya diharapkan bisa membantu peningkatan ekonomi masyarakat desa demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat. Meski BUMDesa Amanah Desa Tambusai Timur telah memberikan kontribusi untuk  masyarakat dan Desa, tapi manajemen pengelolaan kedepannya harus berinovasi dan manfaatkan  potensi Desa.

Hal itu dikatakan Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman saat memberikan sambutan dalam acara Musyawarah Pertanggungjawaban Tahunan BUMDesa (MPTB) Amanah Tahun buku 2019, yang dipusatkan di Los Pasar Desa Tambusai Timur, Kecamatan Tambusai,  Senin (17/2/2020).

Dikegiatan itu dihadiri, Ketua TP PKK Rohul Hj Peni Herawati Sukiman, Kadis TPH Rohul Mubrizal SP MMA, Kepala Bappeda Rohul Nifzar SP, Kepala Kesbangpol Rohul Musri S.Sos, Kadis Ketahanan Pangan Rohul Barikun, Kadisnakbun Rohul Agung, Camat Tambusai Muammer Ghadafi S.Sos, Kepala Desa Tambusai Timur Marabona Hasibuan, Kades Suka Maju Indra Atmaja dan Tokoh Masyarakat.

Tambah Bupati Sukiman, keberadaan BUMDesa ditengah masyarakat bisa sebagai penopang perekonomian desa. Pengelola BUMDesa harus pandai membaca peluang terkait penambahan unit usaha.

“Usaha yang dikerjakan tergantung kemampuan dan potensi yang dimiliki oleh desa, bisa saja sebagai penyalur berbagai bahan subsidi milik pemerintah seperti LPG, pupuk, alat bangunan, pembayaran listrik oniline atau pembiayaan terhadap petani,” katanya

Sementara itu, Tokoh masyarakat Tambusai Asfan dalam sambutannya mengaku meski telah banyak ruas jalan di Desa Tambusai Timur di Aspal, tetapi ia meminta kepada Pemkab Rohul untuk membangun Puskesmas, turap dan jalan penghubung ke DK3.   

“Saya mewakili masyarakat, bahwa banyak masukan dari masyarakat dan ibu PKK meminta untuk dibangunkan Puskesmas, Turap dan jalan. Pembangunan tersebut mungkin masih banyak terkendala karena mungkin masih banyaknya tantangan yang dihadapi, tetapi kami bersama pak Bupati optimis bisa merealisasikan,” kata nya

Kepala Desa Tambusai Timur Marabona mengatakan terkait permintaan tokoh masyarakat, yang dimaksudnya minta pembangunan jalan Tambusai Timur ke Desa Lubuk Kerapat kecamatan Rambah Hilir. Ia berharap Bupati Sukiman merespon dan merealisasikan aspirasi masyarakat.

Dikesempatan itu, Kepala Desa Marabona juga melaporkan MPTB BUMDesa Amanah Tambusai Timur yang bergerak dalam bidang Simpang Pinjam, sehingga Laba Usaha BUMDesa (LUB) Amanah tahun Buku 2019 berjumlah Rp 15 juta. Penurunan LUB dibidang Unit usaha Simpan Pinjam ini dikarenakan faktor ekonomi masyrakat.

“Dari LUB itu kita bisa membantu masyarakaat kurang mampu dan anak yatim melalui dana Sosial sebesar Rp 2.777.000 dan PADes Rp 1.542.000 yang bersumber dari BUMDesa Amanah Desa Tambusai Timur,” kata Kades Marabona dan wawancara Direktur BUMDesa Amanah M. Wahyu Ilahi.

Menanggapi permintaan masyarakat Tambusai Timur, Bupati Sukiman akan mengakomodir aspirasi masyarakat terkait permohonan pembangunan Puskesmas, Turap dan Jalan. Ia mengaku telah meninstruksikan Dinas terkait untuk merencanakan dan menganggar yang menjadi aspirasi masyarakat Tambusai Timur.

“Tadi sudah saya instruksikan pak Nifzar Kaban Bappeda, yang menyusun perencanaan pembangunan ini adalah beliau, jika tidak bisa dianggarkan di APBD 2020, bisa dianggarkan di APBD 2021, dengan harapn Jalan, Turap dan Puskesmas ini bisa terealisasi. Apalagi Puskesmas ini sangat penting bisa memberikan kemudahan dalam melayani warga untuk berobat,” pungkasnya

Usai  kegiatan MPTB, Bupati Sukiman bersama Ketua TP PKK  Rohul juga menyempatkan menemui dan membantu warga kurang mampu dan buta, di Kampung Lalang, Desa Tambusai Timur, Kecamatan Tambusai. (Hen/Rhc)


Post Terkait