Gubri Resmi Buka Liga Berjenjang U-16 Menpora Seri Provinsi Riau 2019

Pasir Pegaraian - Gubernur Riau (Gubri) Drs H. Syamsuar M.Si secara resmi membuka Liga Berjenjang U-16 Piala Menpora Seri Provinsi Riau, yang dipusatkan di Lapangan Fajar, Desa Babussalam, Kecamatan Rambah, Rohul-Riau, Ahad (21/7/2019).
 
Dimulainya liga bergengsi U-16 ini ditandai dengan penyerahan Piala oleh Gubri Syamsuar kepada Bupati Rohul H. Sukimanl, yang disaksikan Asisten Deputi Pengelolaan Olahraga Pendidikan Kemenpora RI Dr Alman Hudri M.Pd, Bupati Rohul H. Sukiman, Kapolres Rohul AKBP M. Hasyim Risahondua SIK M.Si, Kajari Rohul Freddy Daniel Simandjuntak SH M.Hum, Forkompinda, Sekdakab Rohl  H. Abdul Haris, Ketua KONI Rokan Hulu Khairul Fahmi, Ketua PSSI se-Riau serta 15 tim sepak bola yang mengikuti liga ini.
 
Dalam sambutannya Gubernur Riau Drs H. Syamsuar M.Si mengucapkan terima kasih kepada koordinator dan Panitia yang cukup rajin dan antusias yang memperhatikan talenta-talenta sepak bola di Riau
 
"Saya bangga sekali hari ini anak-anak kami ada terpilih 3 orang ke Timnas tingkat Pelajar, Kapan berangkatnya, semuanya Nanti sebelum berangkat jumpa sama saya dulu, mudah-mudahan nanti kita bisa memberikan motivasi dan kasih semangat kepada anak-anak supaya nanti anak-anak lain juga bisa ngikutin jejak kawannya ini," kata Gubri
 
Gubri Syamsuar berharap kepada anak-anak Riau untuk terus berlatih sepak bola, karena saat ini Pemerintah sangat perhatian terhadap sepak bola, apalagi sekarang banyak pemain-pemain bola Indonesia dimanfaatkan diluar negeri.
 
"harapan saya kepada anak Riau kedepannya permainan sepak bola ini adalah permainan rakyat sebenarnya ada di semua kampung-kampung bisa main bola, oleh karena itu manfaatkanlah kesempatan ini di masa sekolah kalian yang bisa juga diadakan kompetisi baik di tingkat Desa, Kecamatan dan Kabupaten, Regional bahkan Nasional," harapnya
 
Gubri mengaku Pemprov Komit ingin menggerakkan kembali sepak bola di Riau ini bersama PSSI Riau kedepannya. "Insya Allah kami sudah bertemu kemarin sekaligus juga memberikan semangat agar tentunya ke depan sepak bola ini mudah-mudahan menjadi andalan dari provinsi Riau yang kita banggakan," katanya
 
Syamsuar mengucapkan Selamat bertanding kepeda pesera Liga Berjenjang U-16 Menpora Seri Provinsi Riau. Peserta diminta tetap semangat dan sportivitas sehingga diharapkan bisa menjadi pemain-pemain yang dibanggakan.
 
Selain itu, Gubri Syamsuar juga mendukungan pembangunan Stadion di Rohul sebagai upaya meningkatkan sarana dan prasarana olahraga dalam bidang Sepak Bola.
 
"Untuk pembangunan Stadion di Rohul ini tadi sudah kita sudah diskusi dengan Pak Bupati, selain itu Pemprov juga berupaya untuk menyelesaikan pembangunan RSUD yang saat ini masih mangkrak, kita akan audif fisik dan audit keuangan dulu dan berkoordinasi dengan KPK, agar dikemudian hari tidak ada pelanggaran hukum," kata Syamsuar
 
Sebelumnya, Bupati Rohul H. Sukiman mengungkapkan,  sebagai tuan rumah Liga berjenjang U- 16 Piala Menpora, tentunya menjadi pembuktian bahwa Pemkab Rohul mendukung dan mensupport  liga berjenjang U-16 Piala Menpora. 
 
"Kita sangat menyambut baik dan mendukung penuh Liga Berjenjang U-16 Piala Menpora tahun 2019.  Ini kesempatan bagi anak-anak kita ikut berkompetisi dalam pembinaan usia muda dalam bidang olahraga persepak bolaan di daerah kita," katanya.
 
Ia mengatakan, ‎Pemkab Rohul, akan berkomitmen secara bersama dalam memasyarakatkan dan memajukan olahraga sepak bola di Rohul. 
 
"Dengan digelarnya Liga berjenjang  U-16 Piala Menpora ‎ maka dapat menjaring bibit unggul atlet sepak bola dari Rohul yang nantinya bisa ikut di Liga Nasional," pungkasnya.
 
Bupati Rokan Hulu H. Sukiman mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Riau yang telah secara resmi membuka Liga Berjenjang U-16 Menpora Seri Provinsi Riau tahun 2019. Diharapkan Sukiman, melalui Liga berjenjang ini bisa menghasilkan talenta sepak bola yang memiliki prestasi ditingkat Nasional maunpun Internasional.
 
"Kami ucapkan terima kasih kepada Pak Gubernur yang telah membuka liga ini, serta panitia yang telah bekerja keras untuk mensukseskan liga berjengang U-16 Menpora ini," kata Sukiman.
 
Sementara itu, laporan dari Ketua Panitia Yuki Candra mengatakan Liga Berjenjang U-16 Menpora 2019 Seri Provinsi Riau dipusatkan di Kabupaten Rohul, diikuti 15 tim dari 14 kabupaten/ kota se-Riau.
 
Diakuinya, di liga kali ini tim Bina Karya Afgan‎, perwakilan Kabupaten Indragiri Hulu tidak bisa mengirimkan tim karena tidak ada anggaran. Sedangkan Kabupaten Kepulauan Meranti‎ tidak mengirimkan tim karena alasan lain.
 
Yuki menjelaskan, pada Liga Berjenjang U-16 Menpora 2019 Seri Provinsi Riau di Rohul, ada 31 jadwal pertandingan‎, dilaksanakan di dua lapangan, yakni Lapangan Fajar Desa Babussalam dan Lapangan Agus Salim Desa Tanjung Belit.
 
Even olahraga yang dulunya bernama Liga Pelajar di Rokan Hulu ini, tambahnya, akan dilaksanakan selama empat hari, mulai 22 Juli dan baru berakhir 25 Juli 2019.‎ Sedikitnya 15 tim akan dibagi dalam empat grup.
 
Hari pertama dan hari kedua, di dua lapangan pertandingan berbeda, masing-masing akan digelar 6 pertandingan, yakni 3 pertandingan di pagi hari dan 3 pertandingan lagi digelar di sore harinya.
 
"Untuk hari ketiga sudah delapan besar dan semi final. Sedangkan di hari ke empatnya sudah babak final, dan tim pemenang akan mengikuti Liga Berjenjang U-16 Menpora 2019 di Tangerang, Provinsi Banten," imbuhnya. (Hen/Rhc)


Post Terkait