Dukung dan Sukseskan Program PTSL di Rohul, Bupati Sukiman Terima Penghargaan Dari BPN Riau

Tambusai Utara (Rokanhulu.com) - Bupati Rokan Hulu (Rohul) H Sukiman mendapatkan piagam penghargaan dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Provinsi Riau atas dukungan penuh dan kerjasama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rohul dengan BPN dalam mensukseskan program strategis nasional Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL)
tahun 2018 di Kabupaten Rohul.

Piagam penghargaan tersebut diserahkan secara langsung oleh Kakanwil BPN Provinsi Riau Drs Lukman Hakim SH kepada orang nomor satu Rohul, dalam acara penyerahan 4.495 sertifikat hak milik tanah dan tanah wakaf melalui program PTSL tahun 2018 kepada masyarakat Desa Mahato Kecamatan Tambusai Utara, Jumat (15/3/2019).

Selain Bupati Rohul, dalam acara bersamaan piagam penghargaan juga diberikan Kakanwil BPN Provinsi Riau kepada Kades Mahato Firiadi atas peran serta dalam penyelesaian program PTSL tahun 2018 terbanyak yaitu 4.495 bidang di Desa Mahato Kecamatan Tambusai Utara.

Dalam acara tersebut Kakanwil BPN Provinsi Riau bergantian dengan Bupati Sukiman menyerahkan secara simbolis Sertifikat Tanah Hak Milik kepada perwakilan masyarakat Desa Mahato.

Bupati Rokan Hulu H Sukiman mengucapkan terimakasih kepada Kakanwil BPN Provinsi Riau Lukman Hakim dan Kepala BPN Rohul Tarbarita SSiT MH yang telah membantu masyarakat Rokan Hulu dalam pensertifikatan tanah di Kabupaten Rohul melalui program strategis nasional PTSL.

Diakuinya, program PTSL‎ yang tengah digalakkan Pemerintah Pusat tersebut, sangat membantu dan menyentuh lansung kepada masyarakat dalam mendapatkan kepastian hukum terhadap sertifikat kepemilikan lahan atau tanah.

‘’Dalam setiap kesempatan di acara pemerintahan, saya selalu menghimbau masyarakat di Rohul untuk dapat memamfaatkan program PTSL. Karena program PTSL‎ sangat membantu dan menyentuh lansung kepada masyarakat dalam mendapatkan sertifikat kepemilikan lahan atau tanah,’’ ujarnya.

Dikatakan Sukiman, dalam mendukung dan memudahkan masyarakat mendapatkan program PTSL yang dilaksanakan BPN Rohul, pemerintah daerah akan mengurangi besaran biaya pajak Biaya Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) yang dibebankan kepada masyarakat Rohul.

Karena saat ini sertifikat tanah yang diberikan kepada masyarakat, mayoritas untuk pajak BPHTB nya, masih sifatnya pajak terhutang. Tentunya dengan adanya kebijakan Pemkab Rohul dalam mengurangi besaran BPHTB, tentu akan memudahkan masyarakat dalam mengikuti program PTSL yang dilaksanakan BPN Rohul.

‘’Kita berharap kerjasama yang terjalin baik antara Pemkab Rohul dengan BPN kedepan semakin ditingkatkan. Kita mensupport dan mendukung percepatan program pendaftaran tanah sistimatis lengkap (PTSL) tahun 2019 di Kabupaten Rohul,’’ tuturnya.

Dia memberikan apresiasi terhadap gebrakan BPN Rohul dalam melaksanakan program 1.000 Sertifikat Tanah Wakaf gratis yang dikucurkan Kantor Kementrian Agraria Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan
Nasional (BPN) Rohul.

Dengan harapan, 1000 sertifikat tanah wakaf atau rumah ibadah yang ada di 16 kecamatan se Rohul dapat terealisasi dengan baik.

Sementara itu, Kakanwil BPN Riau Drs Lukman Hakim SH didampingi Kepala BPN Rohul Tarbarita SSiT SH menyebutkan, pihaknya komitmen memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat yang mengikuti program PTSL di Provinsi Riau khususnya Rokan Hulu dalam melaksanakan program stategis nasional untuk mendapatkan sertifikat tanah hak milik.

Bahkan, pihaknya Untuk merealisasikan target program PTSL, BPN melakukan jemput bola langsung ke warga untuk memudahkan masyarakat yang ingin membuat dan mendapatkan sertifikat hak milih tanah. Dengan tujuan percepatan pelaksanaan program PTSL tahun ini.

Dijelaskannya, 4.495 sertifikat tanah yang diserahkan kepada masyarakat Desa Mahato terdiri, 4.468 sertifikat hak milik dan 27 sertifikat tanah wakaf. (Adv/Kominfo Rohul)


Post Terkait