Dipusatkan di Puskesmas Rambah, 478 JCH Rohul Diberi Vaksin Meningitis

Pasir Pengaraian (Rokanhulu.Com) - Kepala Kantor Kementerian Agama  (Kakan Kemenag) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Drs H Syahrudin.M.Sy, Selasa (25/3/2020), pantau 478 Jemaah Calon Haji (JCH) dari 16 kecamatan di Rohul yang diberi vaksin meningitis.
 
Pemberian vaksin menginitis bagi 478 JCH Rohul, dipusatkan di Puskesmas Rambah. Pemberian vaksin bagi JCH di 16 kecamatan dilakukan dibagi mulai tanggal 24 hingga 27 Maret 2020 mendatang.
 
Syahrudin mengakui, hari pertama 24 Maret pemberian vaksin bagi JCH asla kecamatan Kunto, Kabun dan Kepenuhan. Kemudian 25 Maret untuk JCH Kecamatan Tanbusia, Rambah Hilir, Rokan IV Koto, Pendalian IV Koto, Pagaran Tapah Darussalam dan Kepenuhan Hulu. Sedangkan pada 26 Maret untuk JCH Kecamatan Tandun, Rambah, Tanbusia Utara dan Bangun Purba, di jadwal terakhir 27 Maret untuk JCH Ujung Natu dan Rambah Samo.
 
"Pada musim haji tahun ini, JCH Rohul yang sudah melunasi ongkos berangkat haji 478 dan jumlah itu sudah termasuk kuota tambahan. JCH Rohul masuk dalam embarkasi Batam sedangkan untuk penetapan kloter belum ada,' kata Kakan Kemenag Rohul Syahrudin didampingi Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Martilevi Saleh.
 
Ditanya besaran ongkos biaya haji tahun ini yang telah ditetapkan pemerintah, Syahrudin mengakui, musim haji tahun ini besarannya ditetapkan Rp 33.083.620 per JCH. Ke 478 tersebut seluruhnya sudah melunasi ongkos naik haji.
 
"Pemberian vaksin ke JCH, merupakan tahapan dari persiapan pelaksanaan Ibadah Haji, walaupun hingga kini, belum ada kepastian pembatalan penyelenggaraan Ibadah Haji oleh Pemerintah Arab Saudi akibat antisipasi menularnya virus corona," jelas Syahrudin.
 
Syahrudin menambahkan, dari informasi yang disampaikan Pemerintah melalui Kementerian Agama Republik Indonesia, untuk pemberangkatan perdana JCH asal Indonesia direncanakan 25 Juni 2020 mendatang.
 
Syahrudin menghimbau, kepada para JCH Rohul agar tetap mengikuti tahapan persiapan pelaksanaan haji tersebut, seperti menasik dan pemeriksaan kesehatan. Juga diingatkan untuk tetap menjaga kesehatan tubuh dan selalu waspada terhadap menularnya virus corona dimanapun berada.
 
Pihak Pukesmas Rambah yang tunjuk menjadi pusat tempat pemberian vaksin Meningitis bagi 478 JCH  di Rohul, kini memberlakukan seterilisasi berupa pemeriksaan suhu badan para JCH dan keluarga pendamping yang akan divaksin dengan cairan Hand Sanitizer dan alat pengukur suhu badan, juga memberikan masker ke JCH.
 
Kepala Puskesmas Rambah Syafri Maldi S.Km mengakui, pihaknya hanya menyediakan tempat dan 6 petugas imunisasi baik bidan serta perawat untuk mevaksin 478 JCH Rohul. Vaksin maupun biaya seluruhnya oleh pemerintah.
 
Terkait perketat pemeriksaan JCH dan pendamping, hal itu menurut Syafri Maldi, bentuk SOP dalam mengantisipasi penyebaran COVID 19 atau Corona, sesuai Surat Edaran Bupati, termasuk intruksi pemerintah.
 
"Karena banyak orang berkumpul, maka kita perketat pemeriksaan, upaya mengantisipasi penyebaran Corona. Juga diberi batas jarak 1 meter antara satu dan satu lainnya," kata Syafri Maldi.  (Rhc)


Post Terkait