Dinas Perkim Rohul Terus Optimalkan Pelayanan Air Bersih

Pasir Pengaraian (Rokanhulu.com) – Dinas Perumahan Kawasan Permukiman (Dinas Perkim) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) terus berupaya meningkatkan Pelayanan Air Bersih kepada masyarakat. Meski ada keluhan dari masyarakat dalam pendistribusian air bersih, hal itu disebabkan faktor teknis dan cuaca yang mengakibatkan debit air atau air baku permukaan Sungai Batang Lubuh/Sungai Rokan volumenya berkurang.

Hal itu dikatakan Plt Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman (Dinas Perkim) Rohul Suparno S.Hut melalui Kepala UPTD Pengelola Air Bersih (PAB) Fachruddin Siregar, M.T. kepada wartawan, Kamis (17/7/2019), terkait Pemiliharaan & Perbaikan Pipa Air bersih untuk saat ini sudah mulai beroperasi kembali pendistribusian air bersih kepada masyarakat.
 
Tambah Fachruddin, penyebab macetnya pendistribusian air bersih kepada masyarakat disejumlah daerah di Rohul, dikarenakan faktor cuaca dan bahan air baku permukaan sungai Rokan dan sungai batang lubuh volume airnya tidak cukup sehingga tidak bisa mengolah dan mendistribusinya.
 
“Faktornya debit/volume air berkurang, apalagi saat ini memasuki musim panas/kemarau, untuk itu kami secara teknis mendistrbusikan air itu bergiliran, secara manual kami membuka valve dengan sistem buka tutup,” kata Fachruddin
 
Jika dipaksakan dengan menggunakan pompa distribusi kapasitas besar, dijelaskan Fachruddin akan mengakibatkan Pipanya pecah, karena diameter dan kapasitas pipanya sudah berbeda.
 
Fachruddin menjelaskan, jika selama 2 bulan saja kemarau akan berdampak pada debit air permukaan sungai Rokan berkurang, sehingga dalam Instalasi Pengolahan Air dan Pendistribusian tidak Maksimal. Untuk mengoptimalkan pelayanan air bersih dalam menghadapi musim kemarau, pihaknya melakukan gotong royong untuk membersihkan kolam dan kanal aliran air ke Intake (Rumah Hisapan) dan Instalasi Pengolahan Air.
 
“Kami terus berupaya memberikan pelayanan air bersih kepada masyarakat, menghadapi musim kemarau kami rutin gotong royong membersihkan kolam dan kanal aliran air ini. Kami minta maaf kepada masyarakat jika dalam pelayanan dan pendistribusian air bersih ini sempat macet, hal itu dikarena faktor alam dan teknis saja,” tandasnya. (Hen/Rhc)


Post Terkait