Dibuka Sekda, PWI Rohul Gelar Pelatihan Jurnalistik Dasar dan Anti Hoax di MAN 1 Rohul

‎Pasir Pengaraian (Rokanhulu.Com) - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), gelar Pelatihan Jurnalistik Dasar, Anti Narkoba dan Anti Hoax.
 
Pelatihan digelar PWI di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Rohuk, Rabu (24/7/2019), dibuka oleh Bupati diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Rohu H. Abdul Haris S.Sos, M.Si.
 
‎Pembukaan pelatihan, juga dihadiri Kasi Pendis Kantor Kemenag Rohul H. Rusli M.Sy, Danramil 02/Rambah Kapten Inf Junaidi mewakili Dandim 0313/KPR, KPLP Lapas Kelas II B Pasir Pangaraian Parlin.
 
Juga hadir Kasi Pidum Kejari Rokan Hulu Sri Mulyani Anom SH, Staf Ahli Bupati Rohul Irpan Rido, Kepala MAN 1 Rohul Dewi Sami Wardana M.Pd, Kabid PIKP Diskominfo Rohul M. Yudi Arfian, segenap pengurus dan anggota PWI Rohul, puluhan peserta pelatihan dari lima sekolah yang ada di Kecamatan Rambah.
 
Ketua Panitia Yusrizal Yahya, mengatakan pelatihan sehari ini diikuti sekira 50 peserta perwakilan dari lima SMA sederajat yang ada di Kecamatan Rambah,‎ termasuk siswa MAN 1 Rohul sebagai tuan rumah.
 
Kepala MAN 1 Rohul Dewi Sami Wardani M.Pd mengapresiasi pelatihan jurnalistik dasar yang digelar PWI Rohul di sekolahnya sebab menambah ilmu baru bagi peserta.
 
Kata Dewi, adanya pelatihan sehari ini, tentunya pelajar‎ akan lebih mengerti dalam menyikapi majunya dunia informasi teknologi (IT) di Indonesia, terutama berita-berita bohong atau Hoax, terutama di media sosial.
 
Ditempat yang sama, Ketua PWI Rohul Engki Prima Putra ST berterima kasih atas kehadiran Sekdakab Rokan Hulu yang berkenan membuka acara pelatihan ini. Ia juga berterima kasih ke pihak MAN 1 Rokan Hulu yang telah bersedia sebagai tuan rumah.
 
Kata Engki, sebagai organisasi jurnalis tertua di Indonesia, PWI Rohul tetap eksis di masyarakat, memberikan edukasi tentang jurnalistik dan terus mengajak‎ masyarakat memerangi Hoax.
 
Sambung Engki, PWI Rohul juga‎ masih rutin gelar program "Go To School" ke sekolah-sekolah. Selain mensosialisasikan tentang jusnalistik, kode etik jurnalistik, PWI juga terus mengajak pelajar memerangi berita bohong atau Hoax.
 
"Kita berharap, Pelatihan Jurnalistik Dasar, Anti Narkoba dan Anti Hoax ini bermanfaat bagi peserta dalam dunia jurnalistik," harap Engki dan mengaku PWI Rohul siap jika diundang sebagai narasumber untuk materi jurnalistik dan Anti Hoax.
 
Sekda Rohul H. Abdul Haris S.Sos M.Si saat membuka pelatihan mengapresiasi Pelatihan Dasar Jurnalistik yang ditaja PWI di MAN 1 Rohul.
 
‎Menurut Sekda, pelatihan ini tentunya menjadi ilmu baru bagi siswa di tingkat SMA, sekaligus mempersiapkan generasi muda bahwa jurnalistik suatu profesi latihan luar biasa.
 
"Dengan adanya ilmu dasar ini, saya yakin ilmu mereka tentu akan semakin berkembang‎ dan menjadi jurnalis-jurnalis handal tentunya di Kabupaten Rohuk, itu yang kita harapkan," kata Sekda.
 
Selain itu, semakin pesatnya dunia informasi teknologi (IT), Sekda‎ mengharapkan generasi muda tidak terjebak dengan berita-berita Hoax. Kemajuan dunia IT, harus dimanfaatkan generasi muda mencari informasi positif sebaik-baiknya.
 
"Kita berharap anak-anak kita menghindari dan tidak ikut-ikutan menyebarkan berita bohong, yang nanti dapat menimbulkan efek negatif di tengah masyarakat," pesan Sekda ke generasi muda. (Adv/Pemkab Rokan Hulu)


Post Terkait