Camat Tambusai Utara Pimpin Razia Warung Remang-Remang, 16 Wanita Penghibur Diamankan Petugas

Tambusai Utara (Rokanhulu.com) – Kecamatan Tambusai Utara, khususnya Desa Bangun Jaya baru-baru ini berhasil meraih prestasi yang membanggakan yakni meraih Prakarti Madya III Lomba Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Tingkat Nasional Kategori Kabupaten, pada puncak peringatan Harganas tingkat Nasional XXV tahun 2018 di Manado, Sulawesi Utara.

Untuk itu, Camat Tambusai Utara H. Mastur S.Sos M.Si komitmen mengajak masyarakat untuk selalu membiasakan berprilaku hidup bersih dan sehat dengan harapan dapat mempertahankan bahkan meningkatkan prestasi yang lebih baik lagi kedepannya.

Untuk menerapkan masyarakat ber PHBS, masyarakat diminta tidak hanya fokus dalam menggunakan air bersih, menggunakan jamban sehat dan tidak merokok didalam rumah, tetapi masyarakat juga harus bersih dan terbebas dari pengaruh lingkungan sosial dan penyakit masyarakat (Pekat) seperti warung remang-remang dan narkotika.

Sebagai bentuk kepedulian dan komitmennya dalam memberantas warung remang-remang dan Pekat yang dinilai meresahkan masyarakat diwilayahnya, Camat Tambusai Utara H. Mastur S.Sos M.Si berinisiatif untuk melakukan razia warung remang-remang diwilayah Kecamatan Tambusai Utara.

Awalnya, pada Kamis (19/7/2018) sekira Pukul 17.00 WIB Camat Mastur berkoordinasi dengan Kapolsek Tambusai Utara AKP Fauzi SH MH, Danramil, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Satpol PP, Kepala Desa Tanjung Medan dan Tokoh Masyarakat terkait rencana melakukan penertiban dan razia warung remang-remang tersebut.

Camat Tambusai Utara H. Mastur S.Sos M.Si kepada Rokanhulu.com, Jum’at (20/7/2018) mengaku, dirinya komitmen dalam memberantas pekat terkait maraknya kafe dan warung remang-remang di wilayah Tambusai Utara. Untuk memberantas pekat dan warung remang-remang ini sesuai komitmen Bupati Rokan Hulu H. Sukiman, untuk mensterilkan Negeri Seribu Suluk dari Kafe dan warung remang-remang.

Mastur menjelaskan, dari hasil koordinasi dengan Upika dan Masyarakat, Pada Kamis (19/7/2018) malam, Tim Gabungan Kecamatan yang dipimpin Camat Tambusai Utara H. Mastur S.Sos M.Si melakukan  razia dengan menyisir warung remang-remang di Desa Tanjung Medan yang berada di tepi Jalan Lintas Provinsi, yang berbatasan langsung dengan Desa Mahato.

“Dari  razia itu Tim Gabungan Kecamatan berhasil mengamankan sebanyak 16 orang wanita penghibur di warung remang-remang dan salah satu diantaranya seorang wanita dalam keadaan hamil. Selain itu, Tim gabungan juga mengamankan minuman keras jenis tuak sebanyak satu setengah dirigen dan Bir Hitam 12 lusin sedangkan Narkoba Nihil. Untuk diketahui, Tambusai Utara ini kan Juara III PHBS tingkat Nasional, jadi kita tidak hanya fokus pada jamban yang sehat, pekarangan rumah dan air bersih saja, tapi bagaimana lingkungan Sosial kita harus juga sehat dan bersih, terbebas dari Pekat dan warung remang-remang dan narkoba,” tegas Mastur

Lanjut Mastur, Kemudian Tim Gabungan lalu mendata dan mengumpulkan KTP identitas wanita pelayan warung remang-remang, lalu menggelandangnya ke Kantor Camat Tambusai Utara untuk melakukan pemeriksaan dan meneken surat perjanjian.

“Jadi Tim Gabungan mengumpulkan semua KTP wanita penghibur ini, ketika mereka mengambilnya di Kantor Camat, lalu kami kumpulkan dan kami berikan arahan serta membuat surat pernyataan supaya warung remang-remang itu di tutup dan wanita penghiburnya dalam waktu 2 hari ini harus angkat kaki (pulang kampung) dari sini, Pak Kapolsek dan Danramil juga sempat kesal dan memarahi melihat germo mendadak pakai jilbab, seolah-olah berlindung dan menutupi kesalahannya yang dinilai merusak akidah dan image wanita berjilbab,” kata Mastur.

Mastur menambahkan, Tak hanya sampai di situ, Tim Gabungan Kecamatan juga menyisir ke warung remang-remang lainnya. Tim bertekat akan menyisir ke seluruh lokasi di Kecamatan Tambusai Utara yang di anggap mencurigakan dan meresahkan masyarakat. Dirinya berharap kepada Kepala Desa se Kecamatan Tambusai Utara untuk berperan aktif dan memberikan informasi terkait keberadaan warung remang-remang diwilayahnya. (Hen/Rhc)


Post Terkait