Bupati Sukiman Pimpin Apel Siaga Penanggulangan Bencana Daerah 2019

Pasir Pengaraian (Rokanhulu.Com) - Upacara apel siaga penanggulangan bencana daerah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), dilaksanakan di halaman Kantor Bupati, Senin (8/12/2019) pagi.
 
Buapati Rohul H Sukiman, sebagai pembina apel, sedangkan pemimpin apel Danramil 02/ Rambah Kapten Inf kasmir. 
 
Apel siaga juga diikuti seluruh ASN di lingkungan Pemkab Rohul, camat  , apra kepala desa, 1 SST dari Kodim 0313/KPR, 1 SST dari BPBD Rohul, 1 SSK dari Polres Rokanhulu,serta 1 SST dari Satpol PP Rohul. 
 
Juga hadir Dandim 0313/KPR Letkol Inf Aidil Amin, S.I.P, diwakili Perwira Penghubung (Pabung) Rohul Kapten Inf Yuhardi, Kapolres Rohul AKBP Dasmin Ginting, SIK, yang diwakili Wakapolres Kompol Willy Kartamanah, Kadis Diskominfo Rohul Drs.Yusmar, M.Si, Kepala BPBD Rohul H. Zulkifli Said, Kepala Dinas Sosial P3A Hj. Sri Mulyani,Perwakilan Perusahaan se-Rohul
 
Bupati Sukiman dalam arahannya mengatakan, Geofisika atau BMG peringatan dini cuaca di sejumlah daerah di Indonesia berpotensi mengalami hujan lebat disertai angin kencang dan petir,daerah yang memiliki potensi konflik dari faktor lokal dengan nilai indeks kapabilitas atmosfer sedang dan kuat terdapat di beberapa wilayah di Sumatera ini. 
 
Ditambah Bupati, akibat curah hujan lebat dalam beberapa bulan terakhir ini telah terjadi sejumlah bencana alam seperti banjir yang melanda di sejumlah kecamatan, angin puting beliung, dan terakhir tanah longsor yang terjadi di Rokan IV Koto mengakibatkan dua korban meninggal dunia  
 
"Bencana yang terjadi merupakan tugas dan tanggung jawab kita bersama baik itu pemerintah, masyarakat, perusahaan-perusahaan yang ada di daerah Rohul," ucap Bupati.
 
Bupati juga meghimbau terutama instansi yang ada, agar ikut serta dan bertanggung jawab dalam penanganan ataupun pencegahan bencana alam, 
 
"Tupoksi masing-masing kerjasama dan koordinasi yang kuat akan membuat pelayanan kita ke masyarakat menjadi maksimal dan dirasakan langsung masyarakat. Bencana alam di Kabupaten terutama daerah rawan bencana baik banjir maupun karhutla hingga saat ini kita masih belum dapat sepenuhnya mampu meniadakan risiko bencana yang disebabkan oleh kejadian atau peristiwa alam ini,"
 
"Dengan meningkatnya intensitas bencana yang terjadi akhir-akhir ini, maka upaya penanggulangan bencana di wilayah ini harus kita lakukan secara terkoordinasi dan terencana dijajaran lintas pemerintah dan lintas sektor, sehingga terbangun kesamaan langkah dalam penanganan penanggulangan bencana yang terpadu dan komprehensif," imbau Bupati Sukiman
 
Bupati juga berharap ke seluruh perusahaan swasta yang ada, hendaknya dapat berperan aktif untuk mendukung kinerja kita semua terutama aktif dalam pencegahan ataupun dalam pemberian bantuan untuk korban bencana alam. Itu untuk mewujudkan komitmen tersebut maka pada hari ini kami harapkan agar kita semua baik pemerintah maupun instansi terkait. 
 
Bupati juga mengucapkan rasa terima kasihnya ke pihak kepolisian, pasukan TNI yang selalu aktif di tengah masyarakat baik dalam pelayanan maupun dalam penanganan bencana, dan rasa terimakasih juga diucapkan ke staf BPBD Kabupaten Rohul atas kesungguhan dan kerja keras dalam pengabdiannya demi kemanusiaan, sehingga dampak dari masalah bencana alam yang terjadi beberapa bulan lalu dapat diatasi dengan secepatnya.
 
Usai pelaksanaan apel siaga Penanggulangan bencana daerah Bupati Rokanhulu beserta seluruh anggota Babinsa, Bhabinkamtibmas , BPBD bersama- sama mengucapkan Deklarasi Rokanhulu Stop Bebas Asap Tahun 2020. (Adv/Pemkab Rokan Hulu)


Post Terkait