Bupati Sukiman Lepas Peserta Pawai Taaruf Meriahkan MTQ Ke 19 Tingkat Kecamatan Bangun Purba

Pasir Pengaraian (Rokanhulu.com) - Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman secara resmi melepas Peserta Pawai Ta'aruf dalam rangka memeriahkan Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) Ke 19 tingkat Kecamatan Bangun Purba. Pada pawai ta'aruf itu diikuti ribuan peserta, yang dipusatkan di Desa Bangun Purba Timur Jaya, Kecamatan Bangun Purba, Rohul, Selasa (19/3/2019).

Hadir pada Acara tersebut Ketua TP PKK Rohul Hj. Peni Herawati Sukiman, Sekretaris Daerah H. Abdul Haris S.Sos, M.Si, beberapa Kepala Dinas, Camat Bangun Purba Admiral, Upika Kecamatan, Kepala Desa se Kecamatan Bangun Purba.

Dalam arahannya, Bupati Rokan Hulu H.Sukiman mengatakan pelaksanaan MTQ bertujuan untuk membumikan dan menumbuh kembangkan kembali minat Baca Alqur'an ditengah-tengah masyarakat dengan memperhatikan arti dan makna yang terkandung didalam Kitab Suci Al'quran, sehingga dapat diterapkan didalam kehidupan sehari-hari.

Menurut Bupati Sukiman, bahwa pada pelaksanaan MTQ itu bukan hanya sekedar membaca akan tetapi harus sesuai dengan Ilmu Tajwidnya seperti Makhraj hurufnya seni membaca dan lain sebagainya.

Untuk itu, Sukiman menghimbau kepada sekuruh Masyarakat supaya menyaksikan bacaan-bacaan yang disampaikan oleh para Qori dan Qori'ah sebagai pelajaran untuk diterapkan pada kehidupan sehari-hari.

Kemudian MTQ bertujuan untuk mencari bibit-bibit yang ada di Kecamatan untuk menjadi duta pada MTQ tingkat Kabupaten bahkan ke tingkat Nasional.

Untuk itu, Bupati Sukiman juga menghimbau kepada Dewan juri agar didalam memberi nilai harus betul-betul di lihat dari kebolehan para peserta  sehingga yang mendapat juara memang mampu menguasai Ilmu seni baca Alqur'an.

Sementara itu, Camat Bangun Purba Admiral mengatakan pelaksanaan MTQ di Kecamatan Bangun Purba akan di pergilirkan di setiap desa dalam satu tahun.

Hal ini bertujuan untuk mengalqur'ankan Masyarakat dan memasyarakatkan Alqur'an sehingga setiap Masyarakat Muslim dapat berperilaku bagaimana anjuran didalam Kitab Alqur'an itu sendiri. (Adv/Kominfo Rohul)


Post Terkait