Bupati Sukiman Buka Musrenbang Tingkat Kabupaten, Pemkab Targetkan 2020 Prioritaskan Empat Sektor Pembangunan

Pasir Pengaraian (Rokanhulu.com) - Pelaksanaan musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) tingkat Kabupaten Rohul tahun 2019, dalam rangka proses percepatan penyusunan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) tahun 2020, yang harus benar-benar merencanakan program pembangunan secara matang.

Dalam artian program pembangunan yang direncanakan pemerintah daerah itu, memberikan dampak yang luas kepada sejumlah sektor, untuk menutupi kekurangan dan kelemahan dalam pelaksanaan pembangunan oleh Pemkab Rohul tahun ini.

‘’Konsep pembangunan priortas yang dilaksanakan tahun 2020, dapat memberikan multi efek pada kehidupan masyarakat Rohul. Dengan target 4 program prioritas itu, peningkatan infrastruktur dasar, penguatan pertanian dan ketahanan pangan, peningkatan sektor industri kecil menengah dan pariwisata serta pemantapan kualitas SDM, pelayanan publik dan tata kelola pemerintahan melalui sinergitas program pembangunan yang direncanakan dalam pembahasan Musrenbang Kabupaten tahun  ini,’’ ungkap Bupati Rohul H Sukiman usai membuka Musrenbang tingkat Kabupaten Rohul tahun 2019, Senin (19/3), bertempat di Convention Hall Islamic Center Rohul.

Acara yang ditaja Bappeda Rohul tersebut dihadiri Forkopimda, Anggota DPRD Provinsi Riau dan Anggota DPRD Rohul, Sekda Rohul H Abdul Haris SSos MSi, Perwakilan Akademisi, para Staf Ahli Bupati, Asisten, Kepala Bappeda Rohul Nifzar SP MIP, Kepala OPD, Camat dan Kepala Desa se Rohul. Hadir Perwakilan Kemendagri RI, Perwakilan Bappenas RI, Bappeda Provinsi Riau, Pimpinan Perbankan, Tokoh Masyarakat, Pemuda dan Organisasi Masyarakat yang ada di Rohul.

Menurutnya, Musrenbang yang dilaksanakan ini, dalam rangka percepatan pembangunan Kabupaten Rohul, seiring dengan penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) dan RKPD Rohul Tahun 2020. Dengan tetap mengacu Visi Misi Kabupaten Rohul 2016-2021.

Dengan tema pembangunan daerah Kabupaten Rohul tahun 2020 yakni, mendorong pertumbuhan ekonomi melalui peningkatan infrastruktur, pemerataan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

"Musrenbang tingkat kabupaten tahun ini, selain merumuskan RKPD Rohul 2020 dengan cakupan yaitu evaluasi hasil pelaksanaan RKPD tahun lalu, rancangan kerangka ekonomi daerah beserta kebijakan keuangan daerah, prioritas dan sasaran pembangunan, serta rencana program dan kegiatan prioritas daerah,’’ sebutnya.

Mantan Dandim Inhil itu mengatakan, pelaksanaan Musrenbang Kabupaten ini, melibatkan stake holder pembangunan di setiap level musrenbang desa, kecamatan dan kabupaten. Selain bentuk penajaman isu strategis pembangunan dan percepatan rancangan program kegiatan yang telah dibahas di Forum Konsultasi Publik dan Forum SKPD.

‘’Saya berharap OPD Rohul dalam proses penyusunan RKPD tahun 2020, mengacu kepada 4 program prioritas yang telah ditetapkan, agar pembangun yang dilaksanakan terarah, dan memberikan multi efek
disegala sektor, dari hasil pembangunan itu dapat dinikmati masyarakat Rohul,’’ ujarnya.

Dijelaskannya perencanaan pembangunan tahun 2020, mengacu kepada program prioritas. Mulai dari hasil musrenbang desa, kecamatan, kabupaten serta pokok-pokok pikiran Anggota DPRD Rohul yang akan dicermati bersama, dengan menyesuaikan kemampuan keuangan daerah.

Dia berharap hasil Musrenbang Kabupaten Rohul ini nantinya akan menjadi masukan, dalam pelaksanaan Musrenbang Provinsi Riau. Karena RKPD Rohul 2020 tetap besinergi dengan program skala prioritas Pemerintah Provinsi Riau dan Pusat.

Sementara itu, Kepala Bappeda Rohul Nifzar SP MIp mengatakan, perencanaan pembangunan Kabupaten Rohul tetap memperhatikan asas-asas prioritas pembangunan sesuai rencana pembangunan jangka panjang (RPJP), serta sinergi dengan pembangunan provinsi dan nasional.

‘’4 program Prioritas yang direncanakan dalam  pembangunan daerah ini, telah di sinergikan dengan RKP Nasional. Musrenbang RKPD ini, untuk menyempurnakan RKPD tahun 2020 dan menyepakati prioritas program dan kegiatan pembangunan daerah,’’sebutnya

Didalam Musrenbang RKPD ini dilakukan penajaman penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap rancangan RKPD, sehingga menjadi rancangan akhir RKPD Rohul tahun 2020. (Adv/Kominfo Rohul)


Post Terkait