Bupati dan Bunda PAUD Rohul Serahkan Bantuan APE di 2 Kecamatan

Pasir Pengaraian (Rokanhulu.Com) - Sebagai bentuk perhatian kepada anak-anak Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD‎), Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman bersama Bunda PAUD Rohul Hj. Peni Herawati Sukiman memberikan bantuan Alat Permainan Edukatif (APE) di 2 (Dua) Kecamatan, yakni di Desa Rantau Binuang Sakti, Kecamatan Kepenuhan, Kamis (12/9/2019) kemarin.

Selain itu di Kecamatan Rambah, Jum’at (13/9/2019), Bupati Sukiman dan Bunda PAUD Rohul juga menyerahkan APE di Tiga PAUD yakni Paud Negeri Pembina Kabupaten Rohul, Paud Negeri Madani Kabupaten Rohul, Paud Negeri Madani Kabupaten Rohul.

Pada acara kunjungan Bupati dan Bunda PAUD Rohul terlihat hadir Kepala Disdikpora Rohu Drs Ibnu Ulya M.Si, Kepala Desa Rantau Binuang Sakti Thamrin dan  Kepala TK Negeri Pembina Syah Yoe Seva SPd AUD.

Selain penyerahan APE, Bupati Sukiman dan Bunda PAUD Rohul terlihat bernyanyi dengan anak-anak, seperti lagu yang populer saat ini Lagu Mars PAUD dan lagu Pesan Ayah dan Bunda.

Bunda Paud Rohul Hj Peni Herawati Sukiman mengatakan ada 5 (lima) fungsi APE, yakni Pertama Meningkatkan Kreativitas dan Perkembangan Anak. Karena dunia anak adalah dunianya bermain.

“Mulai dari bayi hingga masa kanak-kanak anak senang bermain. Sangat memungkinkan anak melakukan berbagai aktivitas bermain tanpa mengenal lelah, jadi Fungsi ini APE untuk Meningkatkan Kreativitas Perkembangan Anak.

Kedua, lajnut Hj Peni, untuk melatih kemampuan motorik. Ketiga, untuk Melatih konsentrasi; karena APE dirancang untuk menggali kemampuan anak, termasuk kemampuannya dalam berkonsentrasi dan fokus.

“Contohnya saat menyusun puzzel, anak dituntut untuk fokus pada gambar atau bentuk yang ada di depannya sehingga anak tidak berlari-larian atau melakukan aktifitas fisik lain sehingga konsentrasinya bisa lebih tergali. Tanpa konsentrasi, bisa jadi hasilnya tidak memuaskan,” katanya

Fungsi APE keempat lanjut Hj Peni, untuk Menumbuhkan rasa percaya diri dan membentuk citra diri anak yang positif. Kelima, Mengenalkan konsep logika sederhana. Anak dilatih untuk berfikir logis dengan mengikuti urutan atau aturan sederhana sesuai dengan permainan yang dimainkannya,

Selain itu, tambah Hj Peni, Parenting merupakan pendidikan karakter sangat penting bagi anak yang diutamakan oleh orang tua, guna adanya nilai-nilai moral yang disampaikan dan diberikan.

Parenting merupakan upaya pendidikan yang dilaksanakan oleh keluarga, dengan memanfaatkan sumber-sumber yang tersedia dalam keluarga dan lingkungan yang berbentuk kegiatan belajar secara mandiri.

“Untuk memahami karakter anak dalam pendidikan, perlu peran parenting dalam keluarga, guna mendidik anak menjadi generasi yang baik kedepannya. Hal ini bertujuan agar tertanam nilai moral yang baik dan cemerlang bagi generasi penerus bangsa ini," katanya.

Bupati Rohul H. Sukiman mengungkapkan, pendidikan anak usia dini atau Paud merupakan masa keemasan bagi generasi muda Rohul.

Untuk itulah, agar menunjang tumbuh kembang anak-anak generasi emas Rohul, Pemkab dan Bunda PAUD Rohul memberikan bantuan APE kepada anak-anak PAUD.

Dirinya berharap, dengan adanya bantuan APE, generasi emas Rohul, bisa semakin berprestasi. Sehingga pembangunan di Rohul akan semakin berkembang dimasa mendatang. (Hen/Rhc)


Post Terkait