Bincang-Bincang di RSLL Diskominfo, Bupati dan Ketua TP PKK Rohul Himbau Masyarakat ikut Pencegahan dan Antisipasi Covid-19

Pasir Pengaraian (Rokanhulu.Com) – Sebagai bentuk keseriusan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hulu (Rohul) dalam upaya pencegahan dan antisipasi penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), selain telah menerbitkan Surat Edaran (SE), Menyiapkan 4 (empat) Rumah Sakit Rujukan dan Call Center layanan PSC 119, Bupati Rohul H. Sukiman juga intens menghimbau untuk antisipasi Covid-19 tidak hanya melalui Media Cetak, Online dan Elektronik.
 
Seperti pada Jum’at (20/3/2020) malam, Bupati Rohul H. Sukiman juga memanfaatkan Radio milik Pemerintah Daerah Radio Swara Lima Luhak (RSLL) Diskominfo Rohul yang dapat menjangkau dan menyampaikan informasi kepada seluruh masyarakat Rohul di pedesaan, kegiatan itu dibingkai dalam Program “Bincang-Bincang dengan Bupati dan Ketua TP PKK Rohul Hj Peni Herawati Sukiman terkait pencegahan dan antisipasi penyebaran Covid-19.
 
Kedatangan orang nomor satu di Rohul beserta istri di Kantor Diskominfo Rohul ini disambut langsung Kepala Diskominfo Rohul Drs Yusmar M.Si yang juga Jubir Informasi dan Koordinasi Covid-19, Sekretaris Zulfikri S.Sos M.Si, Kabid PIKP H. Erwan SP M.Agric, Kabid e-Gov M. Yudi Arfian SP M.Si, Kasi Informasi Yeni Pasbio SPi, pegawai dan staf Diskominfo Rohul serta Crew RSLL.    
 
Ketika memasuki ruang Studio RSLL Lantai II Diskominfo Rohul, Bupati dan Ketua TP PKK Rohul serta setiap pengunjung harus melalui pemeriksaan cek suhu badan dengan Thermo Scanner dan Hand Sanitizer dan memakai masker sebagai pelaksanaan SOP Surat Edaran Bupati tentang pencegahan Covid-19 yang konsisten dilaksanakan oleh Diskominfo Rohul.
 
Bincang-Bincang di Radio Swara Lima Luhak (RSLL) 104.4 FM bersama Bupati Rohul H. Sukiman dan Ketua TP PKK Rohul Hj Peni Herawati, yang dipandu langsung oleh Penyiar Jumiarni S.Kom itu berjalan khidmat dan lancar.
 
Dari pertanyaan yang disampaikan Penyiar, terkait kebijakan yang dikeluarkan oleh Pemda dalam pencegahan atau antisipasi penyebaran Covid-19, Bupati Rohul H.  Sukiman mengaku telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor 441/ DINKES/20.05/2020 dan menghimbau kepada ASN untuk tidak melaksanakan Dinas Keluar daerah, Menyiapkan 4 (empat) Rumah Sakit Rujukan dan Call Center layanan PSC 119.
 
“Sejumlah kebijakan terkait pencegahan dan antisipasi penyebaran Covid-19, jadi mari kita bersama-sama meningkatkan kewaspadaan dan pencegahan penularan Covid-19 di Rohul dengan cara menunda dan membatasi kegiatan yang sifatnya mengumpulkan banyak orang, mengurangi aktivitas di tempat umum dan keramaian serta menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan kita masing-masing,” kata Sukiman
 
Bupati  Sukiman menghimbau masyarakat Rohul untuk tidak panik atau selalu tetap waspada karena Pemda berdasarkan himbauan dari BNPB RI telah membentuk organisasi Satuan Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19 di Rohul berdasarkan keputusan Gubernur Riau terkait penunjukan rumah sakit rujukan pasien wabah Corona di Rokan Hulu.
 
“Untuk penangangan Covid-19 sudah ditunjuk 4 rumah sakit rujukan penanganan virus Corona diantaranya RSUD Rokan Hulu Rumah, Sakit Awal Bros Ujung Batu, Rumah Sakit Surya Insani dan Rumah Sakit Az-Zahra. Untuk meminimalisir penyebaran virus Corona Pemkab juga menyediakan layanan kesehatan melalui hotline PSC 119,” kata Sukiman
 
Mantan Dandim Inhil ini mengaku sejauh ini tidak ada laporan warga Rohul yang terdampak atau positif Covid-19, bahkan di Provinsi Riau baru ada 2 pasien yang tersuspec Covid-19. Untuk itu, Bupati berharap kesadaran dan keihlasan untuk melaksanakan himbauan yang telah di keluarkan oleh Pemerintah.
 
Masih dalam Talk Show pencegahan dan antisipasi Covid-19, dikesempatan itu Ketua TP PKK Rohul Hj Peni Herawati Sukiman menghimbau kepada kaum Perempuan di Rohul harus peduli terhadap pencegahan penularan virus Corona ini serta berikan edukasi pencegahan Covid-19 ini di Organisasi-organisasi Wanita di daerahnya masing-masing. 
 
“Jadi kepedulian kita semua sangat penting, mengingat virus Corona atau Covid-19 ini adalah suatu virus yang penularannya begitu cepat dan jika dibiarkan atau tidak ditangani dengan cepat dan tepat maka akan dapat mengancam kesehatan jiwa seluruh masyarakat,” kata Hj Peni menjawab pertanyaan Penyiar terkait pentingnya kaum Ibu dalam pencegahan Covid-19.
 
Kepada kader PKK dan seluruh organisasi yang ada di Kabupaten Rokan Hulu, melalui radio Suara Lima Luhak ini, Hj Peni menghimbau kepada seluruh organisasi yang ada untuk bersama-sama melawan virus Corona dan mensosialisasikan kepada masyarakat agar mencegah bepergian ke tempat-tempat fasilitas umum dan keramaian serta hindari bersalaman dan berpelukan apabila bertemu dengan siapa saja,” katanya
 
Tambah Hj Peni, Sebagai kader PKK dan organisasi wanita harus ikut membantu Pemkab Rohul memutuskan mata rantai penularan Covid-19 dengan mengajak semua anggota keluarga untuk lebih banyak menghabiskan waktu dan beraktivitas di rumah serta menerapkan pola hidup bersih sehat (PHBS).
 
“Selain itu, rajin berolahraga dan membudidayakan setiap selesai kegiatan selalu mencuci tangan dengan sabun dan antiseptik. Kita juga harus ikut mensosialisasikan himbauan-himbauan pemerintah terkait pencegahan penularan virus corona ini misalnya kepada keluarga terdekat, tetangga atau kepada warga yang ada di sekitar kita,” tutup Hj Peni Herawati. (Hen/Rhc)


Post Terkait