Berqurban Seekor Sapi Bali Seberat 125 Kg, Bupati : Berqurban Representasi Teladani Nabi Ibrahim

Pasir Pengaraian (Rokanhulu.Com) - Umat Muslim Di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) serentak melakukan Pemotongan hewan qurban, di Setiap Masjid di daerah tersebut. Tak terkecuali di Masjid Agung Islamic Center Rohul yang juga menggelar Pemotongan Hewan Qurban.

Pada musim Qurban tahun 2019 ini, Masjid terbesar di Rohul menerima 74 Hewan Qurban terdiri dari 67 Ekor Sapi, 6 ekor Kambing dan 1 ekor Domba. Hewan-hewan Qurban tersebut merupakan hewan qurban yang diserahkan berbagai kalangan, mulai dari Jemaah Masjid, ASN, Pejabat dan Pihak Perbankan.

Ketua Badan Pengelola Masjid Agung Islamic Center Rohul yang juga Sekda Rohul H. Abdul Haris S.Sos M.Si mengatakan Sebanyak 74 ekor Hewan Qurban yang diterima MAIC Rohul tidak seluruhnya di Potong di Islamic Center Rohul.

“Sebanyak 53 Ekor Hewan Qurban yang terdiri dari 47 sapi dan 6 ekor kambing sudah dididistribusikan ke daerah yang tahun ini belum mampu melaksanakan qurban," terang Sekda, Minggu (11/8/2019).

Salah satu Hewan Qurban yang di Potong di Masjid Agung Islamic Center Rohul adalah Sapi Bali Seberat 125 Kg Milik Bupati Rohul H. Sukiman. sebelum Hewan Qurbanya di potong, Sukiman juga melakukan ritual terhadap hewan qurbanya yakni prosesi melimaui dan mendandani.

Usai saksikan pemotongan hewan qurbannya, Bupati Rohul H. Sukiman mengatakan, berqurban merupakan representasi dalam menteladani nabi Ibrahim AS yang rela mengorbankan anaknya Ismail AS demi allah SWT.

Sukiman Berharap, Masyarakat Rohul dapat Meresapi Keikhlasan Kedua Nabi Allah SWT dan mengaplikasikanya dalam Pembangunan Rohul.

“Ini menjadi pelajaran bagi kita umat muslim di Rohul untuk berkorban dalam mengisi pembangunan di Rohul. tak hanya pemikiran, Berkurban seperti ini juga salah satu bentuk berkorban dalam artian untuk kemajuan daerah, karena ini bentuk Keihklasan dalam membantu saudara-saudara kita yang tidak mampu, " sebut Bupati Sukiman.

Setelah disembelih, seluruh hewan qurban akan di bagikan kepada peserta qurban dan masyarakat yang membutuhkan. Panitia juga menjamin, pembagian daging hewan qurban ini tidak menggunakan plastik hitam dan menggunakan bungkusan ramah lingkungan.

Bahkan sebelum hari penyembelihan hewan qurban, diakui Ketua Umum Pengelola Masjid Agung Islamic Cantre Rohul H Abdul Haris juga Sekda Rohul mengatakan, bahwa sebagian besar hewan qurban yang disembelih di Islamic Cantre adalah jatah untuk yang berqurban dan petugas.

"Kerena sebelumnya, hewan qurban sudah kita bagikan ke desa desa terutama yang sulit ekonominya. Nantinya pihak desalah yang menyembelih dan membagikannya ke masyarakat,"  ucap Abdul Haris. 

Belasan Ribu Jemaah Laksanakan Shalat Idul Adha

Masjid Agung Islamic Cantre Rohul dipadati sekitar belasan ribu jemaah yang ikut menunaikan ibadah shalat Idul Adha 1440 H, yang dihadiri Bupati Rohul H. Sukiman, Sekda Abdul Haris, para pejabat Forkompinda, serta para pejabat di jajaran Pemkab Rohul dan masyarakat di seputaran Pasir Pangaraian.

Bertindak sebagai Imam shalat Idul Adha Indra Gunawan, dan kegiatan sahalat berlangsung khidmat.

Bupati berpesan, agar kita mencontoh sosok Nabi Ismail yang rela diqurbankan oleh ayahnya Nabi Ibarhim, untuk disembelih karena untuk menjalankan perintah Allah.

"Idul Adha mengajarkan kita untuk selalu berqurban, tawakal, dan selalu menjalankan perintah Allah SWT. Marilah kita selalu mensyukuri yang diberikan Allah dan ikhlas bila Allah akan mengambilnya kembali sewaktu waktu," pesan Bupati Sukiman. (Adv/Pemkab Rokan Hulu)


Post Terkait