Bawaslu Rohul Refkleksi Kinerja Demi Sukseskan Pilkada Rohul 2020.

PASIRPENGARAIAN- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Rokan Hulu, Kamis (15/8/2019) memperingati Hari jadi yang pertama, pasca Lembaga tersebut berubah Format dari Panwaslu yang masih bersifat sebagai Lembaga Adhoc.
Dihari jadinya yang pertama, Bawaslu Rohul mengadakan Syukuran sederhana, bersama staf di kantor Bawaslu Rohul di Desa Babusalam, Kecamatan Rambah.
 
Kegiatan Syukuran tersebut di hadiri 5 Komisioner Bawaslu yaitu fajrul Islami Damsir, SH MH, Gumer Siregar S.Ag , Alamsyah ST Fany Ariandi SH, dan Yurnalis S.Sos.i MA serta segenap Keluarga Besar Bawaslu Rohul.
 
Ketua Bawaslu Rohul Fajrul Islami Damsir Kepada Cakaplah.Com mengatakan, ulang tahun bawaslu pertama ini dijadikan sarana Evaluasi dan Refleksi kinerja untuk mengarungi tantangan yang lebih berat kedepan.
 
Sebagai pengawas Pemilu, banyak dinamika yang dihadapi Bawaslu pada Pemilu 2019 dan diselesaikan sesuai Regulasi dengan baik dan benar. Fajrul mengharapkan dukungan, masukan dan saran seluruh Sthekholder demi penguatan lembaga ini kedepan.
 
“Kita harapkan kedepan terjalin kerjasama yang baik dengan sthekholder termasuk Media masa dalam menguatkan lembaga ini.” Cakapnya.
 
Menurut Fajrul, Pasca tidak lagi menjadi lembaga adhoc, Bawaslu mendapat perluasan Kewenangan dari Undang-undang. Sesuai amanah UU Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Pemilu). Bawaslu kini Tak hanya menjadi pengawas, namun juga punya kewenangan sebagai pengadil dan pemutus perkara kepemiluan.
 
“Saat ini kita memiliki kewenangan yang lebih maksimal dari sisi pengawasan, ajudikasi dan sosisaliasi. Tentunya ini tantangan dan ujian bagi kami selaku Komisioner untuk tetap menjaga kredibelitas lembaga ini serta menjadikanya sebagai tempat yang dipercaya bagi para pencari keadilan Kepemiluan” Jelasnya.
 
Fajrul menambahkan, salah satu tantangan Bawaslu kedepan yakni memastikan Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Rokan Hulu tahun 2020 mendatang berjalan Sukses dan lancar serta terlaksana sesuai dengan Asas Jujur adil dan rahasia.

 

 
Ditegaskanya, Lembaga yang di pimpinya tetap akan konsisten mengedepankan Integritas dan profesionalitas dalam melindungi hak-hak konstitusi warga rohul. ia juga memastikan, Bawaslu Rohul bebas dari Politik Kepentingan serta akan menjadi pengadil yang netral dan Indipenden terkait permasalahan kepemiluan.  
 
“pilkada 2020, akan menjadi ujian integritas, profesional kami sebagai pengawas. Hut pertama ini tentunya menjadi cerminan bagi kami untuk berbuat lebih baik lagi dalam menghadirkan Pemilu yang berkeadilan di negeri Seribu Suluk” Pungkasnya.


Post Terkait