Anggota DPRD Ini Minta PLN Buka Akses Jaringan Listrik di Tiga Objek Wisata Rohul

Pasir Pengaraian (Rokanhulu.Com) - Agar bisa lebih meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di sektor pariwisata Rokan Hulu (Rohul), Wakil Ketua Fraksi Gerindra DPRD Rohul Budiman Lubis, minta pihak PLN Rayon Pasir Pangaraian membuka akses jaringan listrik ke tiga kawasan objek wisata di Rohul.

Dikatakan Budiman Lubis yang sudah direstui DPP Gerindra menjabat Wakil Ketua Fraksi Gerindra di DPRD, Ia mengaku dengan dibukanya akses jaringan listrik ke tiga objek wisata yakni, Danau Sipogas di Desa Sialang Jaya, Air Panas Hapanasan serta Air Panas Suaman di Desa Rambah Tengah Hulu Kecamatan Rambah maka akan berdampak terhadap peningkatan kunjungan wisata di objek tersebut.

"Sesuai program Presiden Jokowi Widodo, kan ada program Listrik Desa (Lisdes) yang juga nantinya bisa dinikmati masyarakat berada dekat kawasan tiga objek wisata," katanya

"Kemudian, dengan sudah masuknya listrik, maka nantinya juga bisa akses jaringan internet masuk ke sana. Karena saat ini jaringan internet blum bisa di tiga objek tersebut dan itu sangat dibutuhkan bagi pengunjung yang datang," kata Budiman Lubis dari Daerah Pemilihan (Dapil) 2 juga peraih suara terbanyak di Rohul pada Pileg beberapa waktu lalu, Minggu (15/9/2019) di Pasir Pangaraian.

Budiman juga menyatakan, Rohul banyak memiliki kawasan objek wisata bahkan terbanyak di Riau, ada wisata alam, wisata religi, wisata sejarah dan wisata kuliner. Hanya saja, sejumlah kawasan objek wisata di Rohul belum tersentuh penerangan listrik PLN termasuk akses internet.

"Bila listrik sudah masuk, maka akses internet juga akan terbuka disana. Harapan kita, bagaimana potensi wisata di Rohul selain sebagai sumber PAD Pemkab Rohul, desa juga berdampak peningkatan ekonomi masyarakat serta bisa atasi penganguran. Kemudian, pemerintah juga sudah galakan pengembangan sektor pariwisata yang mampu menopang dan peningkatan ekonomi masyarakat tempatan," terang Budiman.

Kemudian dirinya berharap, antara masyarakat, pemerintah desa dan Pemkab Rohul, bisa bersinergi tingkatkan kunjungan wisata di Rohul juga mengatasi agar tidak adanya pungutan liar (pungli) terhadap pengunjung.

"Kemudian yang juga sangat dibutuhkan, membangun infrstuktur terutama akses jalan menuju ke objek wisata sehingga memudahkan pengunjung datang. Karena tanpa dukungan pemerintah dan masyarakat, maka apapun program yang dibuat tidak akan berjalan dengan baik," ujarnya. (Hen/Rhc)


Post Terkait