1.030 Tanah Wakaf di Rohul Disertifikatkan, Pemkab Dukung Layanan Tawaf Inovasi BPN Rohul

Pasir Pengaraian (Rokanhulu.com) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hulu (Rohul) mendukung terobosan dan inovasi yang dilakukan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Rohul terutama program layanan tanah wakaf (Tawaf) dengan target 1.030 sertifikat tanah wakaf yang tersebar di 16 kecamatan se Rohul.

Sebagai bentuk dukungan untuk percepatan pensertifikatan tanah masyarakat dan Layanan Tawaf melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), Bupati Rohul H Sukiman menyebutkan pihaknya telah meminta seluruh Camat dan Kepala Desa maupun Lurah se Kabupaten Rohul untuk dapat membantu BPN Rohul, dalam mensukseskan layanan Tawaf 1.030 sertifikat.

Termasuk Kantor Kemenag Rohul dan jajarannya untuk bersama-sama mensukseskan program layanan tawaf terutama tanah pemakaman masyarakat, rumah ibadah di Rohul. ‘’Kita berharap dengan dilakukan legalisasi aset tanah wakaf, dapat terhindar terjadinya konflik lahan ditengah masyarakat. Program layanan Tawaf ini sangat membantu pemerintah daerah, karena dengan telah diterbitkan sertifikat, ada kepastian hukum terhadap tanah wakaf di Rohul,’’ ungkap Bupati Rohul H Sukiman kepada wartawan, Rabu (17/4/2019), terkait program layanan tawaf inovasi BPN Rohul dalam mensertifikatkan 1.030 tanah wakaf di Rohul.

Sukiman menyebutkan selama ini kerjasama antara pemerintah daerah dan BPN Rohul terjalin baik, dalam rangka mensukseskan program Nasional di daerah yakni program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

‘’Kita harapkan kepada BPN, jika ada kendala dilapangan, segera lakukan koordinasi dengan pemerintah daerah, baik di kecamatan maupun desa. Sehingga program pensertifikatan tanah masyarakat maupun tanah wakaf melalui PTSL bisa berjalan dengan lancar dan terealisasi sesuai target tuntas tahun ini,’’ tuturnya.

Sukiman memberikan apresiasi kepada BPN Rohul, informasinya dalam melaksanakan program layanan tawaf, tidak seluruh masuk kedalam program PTSL. Dalam artian untuk melaksanakan layanan Tawaf, biaya lapangan atau honor bagi pegawai BPN Rohul tidak ada.

‘’Tentunya dengan keikhlasan dari pegawai BPN Rohul melaksanakan pensertifikatan tanah wakaf di Rohul, menjadi amal ibadah. Dari data baru 150 tanah wakaf yang telah disertifikatkan oleh BPN Rohul, dan sisanya 880 tanah wakaf oleh BPN ditargetkan tuntas tahun ini,’’ jelasnya. (Hen/Rhc)


Post Terkait